12.9.12

Press Release : Indonesia Power Semarang dan KeSEMaT Adakan Pelatihan Pembuatan Penganan Berbahan Dasar Mangrove

JUDUL KEGIATAN
Mangrove Training: Pelatihan Pembuatan Penganan Berbahan Dasar Mangrove dan Bantuan Modal Usaha Bergulir Kepada Masyarakat di Mangkang Wetan, Semarang.

PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT) Kantor KeSEMaT Semarang: Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50275 Jawa Tengah - Indonesia Telp +6224 7052 7552 Fax +6224 7474 698 E-mail kesemat@undip.ac.id Website www.kesemat.undip.ac.id

DURASI KEGIATAN
Dua (2) hari.

MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan Indonesia Power Semarang.

LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa sudah dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya. Kerusakan-kerusakan ini pada dasarnya disebabkan ketidakpedulian sebagian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi kelangsungan sumberdaya daerah pesisir. Pada umumnya, mereka lebih mementingkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam secara berkelanjutan.

Pangan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Kebutuhan pangan di negara Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah konsumen yang mengakibatkan dampak seperti kekurangan pangan dan mahalnya harga pangan pada daerah tertentu. Padahal, upaya pemenuhan kebutuhan pangan harus terus ditingkatkan karena pangan memiliki peranan yang sangat strategis.

Pangan dapat mempengaruhi kualitas sumberdaya manusia dan ketahanan ekonomi nasional sehingga ketersedian pangan harus dalam jumlah yang cukup, terjangkau, mudah didapat dan mengandung nilai gizi yang baik serta memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Ada beberapa jenis mangrove tertentu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan penganan. Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki pesisir yang luas, dimana hampir di semua garis pantai Indonesia ditemukan jenis mangrove yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Atas dasar-dasar tersebut di atas, maka KeSEMaT dan Indonesia Power Semarang yang bekerjasama dengan beberapa mitra kerja, melakukan usaha “Pelatihan Pembuatan Penganan Berbahan Dasar Mangrove dan Bantuan Modal Usaha Bergulir Kepada Masyarakat di Mangkang Wetan, Semarang” untuk menjaga kelestarian dan menumbuhkembangkan rasa kepedulian masyarakat dan generasi muda tentang arti pentingnya ekosistem mangrove.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat pesisir Indonesia terutama di Mangkang Wetan, Semarang, sehingga mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan selain dari hasil melaut.

TUJUAN UMUM
Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya ekosistem mangrove, memberikan pengetahuan tentang manfaat pengolahan hasil ekosistem mangrove dan memberikan pelatihan pembuatan, perijinan dan pemasaran penganan berbahan dasar mangrove serta memberikan bantuan modal usaha bergulir kepada masyarakat di Mangkang Wetan, Semarang.

TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya ekosistem mangrove.
2. Memberikan wawasan dan pengertian mengenai ekosistem mangrove.
3. Memberikan pengetahuan tentang manfaat pengolahan hasil ekosistem mangrove.
4. Memberikan pelatihan pembuatan penganan berbahan dasar mangrove.
5. Membentuk kelompok usaha mangrove yang mandiri.
6. Memberikan pelatihan perijinan dan hak cipta produk penganan mangrove.
7. Membantu pemasaran produk-produk penganan mangrove.

DESKRIPSI KEGIATAN
Konsep acara MT 2012 dibuat berdasarkan kebutuhan dan keterampilan masyarakat yang memiliki dua agenda utama. Agenda pertama dilaksanakan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB, yaitu pembentukan kelompok usaha mangrove yang mandiri. Kelompok usaha mangrove ini beranggotakan masyarakat setempat yang peduli dengan ekosistem mangrove dan ingin mengembangkan wirausaha penganan mangrove.

Setelah terbentuknya kelompok usaha mangrove, selanjutnya adalah penyuluhan dan pemberian materi mangrove secara keseluruhan. Secara umum, kegiatan tersebut merupakan pembentukan struktur kelompok usaha mangrove Mangkang Wetan dan pemberian materi Ekosistem Mangrove, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Rehabilitasi Mangrove.

Acara selanjutnya dilaksanakan pada pukul 12.30 – 17.00 WIB, berupa pelatihan pembuatan penganan berbahan dasar mangrove yang dipraktikan langsung oleh kelompok usaha mangrove dan didampingi oleh praktisi pengolahan pangan mangrove Semarang. Selanjutnya, kelompok usaha mangrove tersebut mendapatkan pelatihan hak cipta dan pelatihan manajemen pemasaran produk yang berkualitas.

Kegiatan MT 2012 akan diikuti oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok usaha mangrove di Mangkang Wetan. Selanjutnya, di akhir kegiatan, akan ditunjuk dua kelompok usaha yang kemudian akan diberi modal usaha bergulir untuk dimanfaatkan sebagai modal usaha berkelanjutan yang dapat memberikan manfaat serta penghasilan tambahan untuk meningkatkan taraf hidup warga pesisir. Kelompok usaha ini akan memberikan laporan secara bertahap terhadap perkembangan kegiatan atau usaha yang mereka jalankan.

Di akhir program (21 Oktober 2012), akan dilakukan monitoring dan evalusi berupa sarasehan dan diskusi mengenai permasalahan dan kendala yang terjadi, berikut tawaran solusi demi keberlanjutan program di masa mendatang.

PEMBICARA PELATIHAN
1. Indonesia Power
2. KeSEMaT
3. Fakultas Teknologi Pangan UNTAG Semarang
3. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
4. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah

PESERTA
Para peserta yang akan hadir di MT 2012, yaitu masyarakat Pesisir Mangkang Wetan, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

KONTAK
Segala korespondensi berkenaan dengan MT 2012, bisa disampaikan kepada:
Sdr. Kamto Wahyono
Menteri Pendidikan dan Penelitian (MENDIKTAN)
HP. +6285721822151

KANTOR KeSEMaT
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275 Jawa Tengah INDONESIA
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) di bawah Jurusan Ilmu Kelautan FPIK UNDIP Semarang.

PENUTUP
Demikian TOR ini kami susun, sebagai bahan acuan demi suksesnya acara MT 2012. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.