1.9.12

Sinergi, UT, Kanopi dan KeSEMaT Bahas Mangrove REpLaNT 2012 di Bogor

Bogor - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 29 - 30 Agustus 2012, diwakili oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi (MENWEBNET) dan Sdri. Sayyidah Fatchiyyah (MENPORSI), KeSEMaT telah menghadiri Inception Workshop di Puri Avia, Cipayung, Bogor. Tidak hanya KeSEMaT, hadir pula Jurnal Celebes (Makassar) dan YAPEKA (Jakarta). Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Kanopi Indonesia (Yogjakarta) ini, bertujuan untuk mendiskusikan dan membuat kesepakatan terhadap tiga mitra kerjanya (KeSEMaT, YAPEKA dan Jurnal Celebes) terkait dengan program rehabilitasi mangrove yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2012.

Program ini merupakan Program Bantuan Sosial dari Universitas Terbuka (UT), karena ditahun 2012 ini, UT memiliki program penghijauan/penanaman mangrove di sekitar UPBJJ-UT baik di Semarang, Jakarta, maupun Makasar.

Hari pertama, dimulai pada pukul 19.30 WIB dengan agenda pemaparan konsep acara dari tiap daerah masih-masing, yang dilanjutkan dengan diskusi kegiatan penanaman mangrove yang mengangkat tema besar “Bersama UT Membangun Perisai Pantai”. Presentasi pertama dilakukan oleh YAPEKA. Direncanakan, program penanaman mangrove mereka akan dilaksanakan di Kepulauan Seribu. Dilanjutkan oleh Jurnal Celebes. Konsep penanaman dari Jurnal Celebes akan banyak melibatkan pihak sekolah dan rencananya akan mendatangkan ratusan siswa/i di Makassar.

Presentasi terahir adalah dari KeSEMaT, yang disampikan oleh Sdr. Ganis. Pada kesempatan kali ini, KeSEMaT mempresentasikan Mangrove REpLaNT (MR) 2012 yang mengusung konsep “Seminar Nasional, Penyuluhan, Pelatihan, Penanaman, Penyulaman Mangrove dan Field Trip” dengan tema Mangrove for Prosperity. Kegiatan hari pertama berakhir pada pukul 01.00 WIB dan dilanjutkan dengan istirahat.

Dihari kedua, dimulai sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan membahas kerangka acuan dan penandatanganan MoU dari Yayasan Kanopi Indonesia ke perwakilan dari masing-masing daerah, yaitu KeSEMaT, YAPEKA, dan Jurnal Celebes. Nantinya, program penanaman dan pemeliharaan mangrove ini akan dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda, yaitu di Semarang, Jakarta, dan Makasar dan direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2012, secara bergantian. Total bibit mangrove yang akan ditanam dari keseluruhan daerah ini mencapai 80.000-lebih bibit mangrove.