25.4.18

DEPORSI KeSEMaT Gelar Wawancara dan Pemotretan Calon Dumatra dan Dumatri 2018

Semarang - KeSEMaTBLOG. Para calon Duta Mangrove KeSEMaT Putra (Dumatra) dan Duta Mangrove KeSEMaT Putri (Dumatri) 2018 telah selesai menjalani Tahapan Wawancara dan Pemotretan selama dua hari. Wawancara para calon Dumatra dan Dumatri yang dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2018 dan dilanjutkan Pemotretan di hari berikutnya, yaitu tanggal 23 Februari 2018 berjalan dengan baik dan lancar.

Para calon Dumatra dan Dumatri menjalani tahapan dengan penuh antusias. Pada tahapan wawancara, para calon Dumatra dan Dumatri diuji sejauh mana pengetahuannya mengenai KeSEMaT dan mangrove agar dapat diketahui siapa yang pantas setahun kedepan untuk menjadi representasi KeSEMaT dalam mengkampanyekan jargon KeSEMaT, yaitu Mangrove Is Lifestyle

Selain itu, para calon Dumatra dan Dumatri juga diuji kemampuannya dalam public speaking menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris agar dapat menjadi mangrove influencer yang baik bagi masyarakat di Indonesia dan dunia untuk bergerak dalam pelestarian hutan mangrove.

"Pada tahapan wawancara ini, para calon Dumatra dan Dumatri diuji oleh empat orang juri, yaitu Presiden KeSEMaT Sdr. Bifa Aulia, MENPORSI KeSEMaT Sdr. Bachtiar Eka, dan dibantu oleh Dumatri tahun 2017, Sdri. Maudina Eva A. serta Sdr. Ganis Riyan Efendi selaku pemimpin redaksi MANGROVEMAGZ,” jelas Sdr. Bayu K. Y. (staf MENPORSI).

Para calon tampak percaya diri dalam menjawab pertanyaan dan menjalakankan challenge yang diajukan oleh para dewan juri. Tahapan wawancara ini dilaksanakan dan bertempat di salah satu cafe di Semarang, mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

“Kami dari Departemen Pengembangan Organisasi (DEPORSI) yang menjadi koordinator program ini, telah memiliki standar khusus yang harus dimiliki oleh para calon untuk menjadi seorang Dumatra dan Dumatri yang baik. Saya rasa, mereka sangat percaya diri dan tampil dengan baik pada tahapan ini. Setelah ini, akan kami diskusikan bersama tim untuk menentukan Dumatra dan Dumatri 2018,” ujar Dumatri 2017.

Hari berikutnya, calon Dumatra dan Dumatri menjalani tahapan selanjutnya, yaitu Pemotretan yang dikoordinatori oleh MENPORSI. Tahapan kali ini diadakan di Kantor KeSEMaT, mulai pukul 14.00 WIB hingga 15.30 WIB.

Sesi Pemotretan ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampuan para calon dalam berpose dan berlaga di depan kamera, karena nantinya jika terpilih sebagai Dumatra dan Dumatri, mereka tak hanya berkampanye secara langsung di depan masyarakat umum, namun juga melalui foto dan video yang disebarluaskan melalui seluruh akun sosial media KeSEMaT dan MANGROVEMAGZ.

”Mereka tampak tak canggung dalam berpose, hasil fotonya-pun menarik. Kemampuan mereka dalam berpose di depan kamera membuat pemilihan tahun ini semakin sulit. Hasil tahapan wawancara kemarin dan pemotretan ini akan disatukan untuk menjadi bahan pertimbangan bagi kami dalam mengambil keputusan. Crowning moment akan dilaksanakan di KeSEMaTINAGURATION 2018, tanggal 1 Maret 2018 mendatang,” terang Sdr. Bachtiar.

Presiden KeSEMaT menambahkan bahwa Dumatra dan Dumatri tahun 2018 yang terpilih akan diumumkan secara resmi di KeSEMaTINAGURATION 2018 di hadapan para alumni, mitra kerja, kolega dan tamu undangan yang hadir.

“Besar harapan saya, nantinya Dumatra dan Dumatri 2018 yang terpilih akan dapat mengemban tugas dengan baik, menjadi public relation bagi KeSEMaT di hadapan mira kerja kami, kolega, alumni dan masyarakat umum dan menjadi ikon KeSEMaT dalam kampanye pelestarian hutan mangrove di Indonesia dan dunia,” pungkasnya. (BEB/BKY/ADM).