26.4.18

KeSEMaT Dukung Perbaikan Pengelolaan DAS Sungai Garang, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 6 Desember 2017, mulai pukul 10.00 WIB, KeSEMaT menghadiri rapat koordinasi Daerah Aliran Sungai (DAS) tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdri. Aulia Putri Aji (staf ahli MENPORSI).

Rapat ini merupakan rapat lanjutan dimana terdapat beberapa pemaparan dari instansi terkait yang telah melakukan berbagai kegiatan guna memperbaiki lingkungan DAS dari hulu hingga ke hilir.

Fokus dari rapat kali adalah pembahasan mengenai Sungai Garang, karena sungai ini merupakan sungai yang melintasi daerah administrasi berbeda, yaitu Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Kendal.

“Semua pihak harus saling bersinergi dan terintegrasi untuk membangun dan memperbaiki DAS Sungai Garang tersebut,” jelas Sdri. Aulia. “KeSEMaT sebagai salah satu penggiat mangrove di Semarang, merasa wajib berkontribusi aktif dalam program ini, karena di muara sungai ini terdapat kawasan mangrove yang harus diselamatkan,” jelasnya lagi.

Rapat dihadiri oleh para stake holder terkait yang berfokus pada lingkungan dan DAS di Jawa Tengah dan juga Yogyakarta, yang terdiri dari pemerintah, LSM, akademisi, masyarakat dan lain- lain. 

“Dengan adanya koordinasi DAS, kami harapkan dapat memperbaiki lingkungan karena sungai merupakan satu rangkaian dari hulu hingga hilir dan saling berkaitan satu dengan lainnya. Perbaikan lingkungan di DAS Sungai Garang adalah tanggung jawab kita semua. Apabila lingkungan DAS di sungai ini menjadi lebih baik, diharapkan lingkungan mangrove dan pesisir Semarang pun akan lestari,” pungkasnya. (APA/ADM).