20.3.07

Apa Saja yang Hidup di Mangrove?

Semarang - KeSEMaTBLOG. Secara garis besar, di mangrove itu hidup banyak flora, fauna dan jasad renik (bakteri) yang terkandung di dalam substratnya. Semua bagian yang ada di dalam ekosistem ini membentuk satu sistem yang rumit dan sangat kompleks. Secara umum, flora mangrove terdiri dari bemacam-macam jenis tumbuhan yang besar dibagi menjadi tiga bagian yaitu mangrove mayor, minor dan asosiasi (ikutan).

Fauna mangrove terdiri dari berbagai macam fauna yang terbagi menjadi tiga bagian habitat yaitu fauna mangrove yang mendiami di bagian atas, tengah dan bawah (permukaan/substrat) mangrove.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai jenis flora dan fauna yang ada di mangrove, bisa dibaca berbagai buku mangrove, seperti (1.) Rusila Noor, Y., M. Khazali, I.N.N Suryadiputra. (1999). Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PKA/WIIP. Bogor. (2.) Kitamura, S., C. Anwar, A. Chaniago, S. Baba. (1997). Buku Panduan Mangrove di Indonesia - Bali dan Lombok. JICA/ISME/MIC. Bali. (3.) Ng, P. K. L, N. Sivasothi. (1999). A Guide The Mangrove of Singapore I. The Ecosystem and Plant Diversity. SSC. Singapore.

2 comments:

  1. wow ternayata
    tumbuhan
    mangrove memiliki fauna juga ya,,
    thanks for share

    ReplyDelete
  2. Salam MANGROVER! Tentu saja, Mbak. Artikel mangrove lainnya, silahkan mencermati Jaringan KeSEMaTONLINE. Semangat MANGROVER!

    ReplyDelete