15.3.07

Bonsai Mangrove. Menggiurkan Sekaligus Memprihatinkan!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Jika Anda amati tanaman di samping ini, tentunya Anda tak akan menyangka kalau dijual, harganya bisa mencapai dua juta lebih. Tak percaya? Cobalah Anda berkunjung ke Jepara Jawa Tengah. Di dua tempat bernama Ujung Piring dan Teluk Awur, kini, masyarakatnya beramai-ramai menebangi tanaman mangrove dari spesies Pemphis acidula ini, untuk dijadikan bonsai mangrove (BONGROVE). Memang, tanaman mangrove minor ini memiliki bentuk daun kecil yang unik dan sangat indah kalau dikerdilkan alias dibonsai. Ditambah lagi dengan struktur akar dan batangnya yang unik, membuatnya semakin menarik dan digilai para penggemar bonsai.

Namun sayang, populernya BONGROVE mengakibatkan maraknya pencurian dan penebangan Pemphis di dua lokasi tersebut. Menurut pengamatan KeSEMaT, di Ujung Piring dan Teluk Awur, populasi Pemphis menurun drastis dan bukan tidak mungkin akan hilang dalam beberapa bulan, apabila penebangan terus menerus dilakukan.

Mengingat fungsinya yang sangat besar untuk mencegah abrasi dan penyeimbang ekosistem mangrove dan pantai, penyelamatan Pemphis wajib dilakukan. Diperlukan kerjasama dari berbagai stake holder di Jepara, untuk menghentikan dan menindak tegas oknum pelaku penebangan ini.