9.2.09

KeSEMaT Menjadi Pembicara Mangrove Safe di Sosialisasi KKMN - DISKANLUT Jawa Tengah

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 Pebruari 2009, KeSEMaT yang diwakili oleh Aris Priyono (DK), menjadi Pembicara Mangrove Safe dalam Lokakarya Sosialisasi Kelompok Kerja Mangrove Nasional (KKMN) dan Mangrove For The Future (MFF) yang difasilitasi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (DISKANLUT) Jawa Tengah. Lokakarya dilakukan di Kantor DISKANLUT Jawa Tengah, di Semarang. Acara dimulai pada pukul 08.30 - 15.00 WIB. Selain DK KeSEMaT, para KeSEMaTERS lain juga hadir, yaitu Arief Marsudi Harjo (KAK), Indriatmoko (Presiden), Farhan Pramudito (MENPORSI), dan Abdul Rohman Zaky (MENDIKTAN).

Lokakarya dihadiri oleh para Kepala Dinas dan atau perwakilannya se-Jawa Tengah, yaitu dari BAPPEDA, Badan Pertanahan Nasional, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Dinas Kehutanan, Biro Bina Produksi Setda, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pekerjaan Umum, Universitas Diponegoro, DPD HNSI dan KeSEMaT yang mewakili LSM di Jawa Tengah.

Selain para institusi mangrove di Jawa Tengah, Lokakarya ini juga dihadiri oleh para institusi mangrove dari pusat, yaitu Jakarta antara lain dari Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Departemen Kehutanan (DEPHUT), Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), BAPPENAS dan MFF.

Lokakarya ini menampilkan tujuh Pembicara dan presentasi, yaitu (1) KeSEMaT - Konsep Mangrove Safe dan Kemungkinan Implementasinya di Indonesia oleh KeSEMaT, (2) DEPHUT - Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove (SNPEM), (3) KLH - Peran Kelompok Kerja Mangrove Nasional dalam Mendorong Sinergitas Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Daerah, (4) DKP dan BAPPENAS - Mangroves For The Future (MFF): Mempromosikan Investasi Konservasi Ekosistem, (5) DISKANLUT - Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Jawa Tengah, (6) DKP - Rancangan Peraturan Presiden Tentang Rehabilitasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, (7) DKP - UU 27/2007 dan Implementasinya dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Hasil dari Lokakarya ini adalah sebuah rumusan yang akan ditindaklanjuti dalam Lokakarya Mangrove Nasional, yang akan dilaksanakan dalam beberapa waktu ke depan.