23.2.09

KeSEMaTER Memimpin Penanaman Mangrove Mahasiswa KKN UNDIP

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 19 Februari 2009, KeSEMaT yang diwakili oleh Windy Indra Ardiansyah – Indra (DP) telah memimpin pelaksanaan penanaman mangrove yang dilakukan oleh para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) Desa Kalinyamatan, Jepara. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari program tahunan KeSEMaT bertajuk Mangrove Restoration (MANGRES) 2009: Penyuluhan, Penanaman dan Penyulaman Mangrove, yang kemudian diadopsi oleh Tim KKN UNDIP menjadi sebuah kegiatan bernama Green Mangrove (GM). GM diikuti oleh 150 orang peserta KKN UNDIP, tak hanya dari Desa Kalinyamatan semata tetapi juga dari desa-desa lainnya di Jepara.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama KeSEMaT, UNDIP, PT MEDCO dan Tim KKN UNDIP Desa Kalinyamatan Jepara. Bibit yang ditanam dalam kegiatan ini merupakan sumbangan dari PT MEDCO, yang kemudian diserahkan kepada UNDIP dan KeSEMaT selaku koordinator penanaman mangrove di lapangan. Bibit sebanyak kurang lebih 5000 bibit telah ditanam sebanyak 2500 bibit pada saat MANGRES 2009 (12/02) dan 2500 bibit selebihnya, ditanam pada saat GM, ini.

GM secara resmi dibuka oleh perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Jepara, Kepala Desa Teluk Awur dan UNDIP, selaku tuan rumah. Selanjutnya, Indra memimpin 150 mahasiswa peserta KKN UNDIP dalam melakukan penanaman mangrove, di samping Asrama Ilmu Kelautan UNDIP Blok A. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB.