5.6.11

KeSEMaT Hadiri Refleksi Hari Kelahiran Pancasila di Ruang Sidang Senat Universitas Diponegoro

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 31 Mei 2011, mulai pukul 18.30 WIB – 22.00 WIB, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Oky Yuripa Pradana (DP) dan Sdri. Sayyidah Fatchia (Staf MENKEU) telah menghadiri undangan dari Rektor Universitas Diponegoro (UNDIP) dalam rangka Refleksi dan Kontekstualisasi Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Acara diselenggarakan secara sederhana di Ruang Sidang Senat Kampus UNDIP Pleburan, Semarang. Dalam kesempatan ini, materi disampaikan, diantaranya oleh Bapak Prof. Dr. Sudharto P. Hadi, MES. Ph.D (Rektor UNDIP), Bapak M. Asichin, SH (Kepala Arsip Nasional Indonesia) dan Sdr. Indra Permana (BEM KM UNDIP).

Seperti dikutip dari Website UNDIP, beberapa hal yang disampaikan Rektor UNDIP adalah bahwa bila dilihat di media massa baik cetak maupun elektronik, saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami krisis character building. "Penyelesaian masalah saat ini diselesaikan dengan kekerasan, banyak yang mengutamakan kepentingan kelompok hingga banyak kebijakan-kebijakan di sekitar kita yang berbau neo-liberal. Ditengah kebimbangan ini, kita hendaknya kembali menengok kepada Pancasila seperti yang telah dirumuskan oleh founding father negeri ini. Pancasila seharusnya dijadikan falsafah dalam bertindak dan berperilaku", ujarnya.

Selanjutnya, KeSEMaT, sebagai bagian dari UNDIP, juga telah mengimplementasikan Pancasila ini di setiap program kerja mangrovenya, yang mengemban misi dan visi konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove. Rasa cinta tanah air yang tinggi, juga ditunjukkan oleh KeSEMaT dengan cara menyebarkan konsep kearifan lokal pengelolaan mangrove asli-Indonesia ke pentas dunia, sehingga generasi muda Indonesia tidak terus “dijajah” dengan konsep-konsep luar negeri, yang terkadang tidak sesuai dengan akar budaya dan nilai-nilai luhur Pancasila, kita. Semangat MANGROVER!