30.6.11

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Studi Banding ke Area Kerja KeSEMaT di Mangunharjo Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 30 Juni 2011, tiga orang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Teluk Bintuni, Papua Barat, pada tanggal 3 Juli sampai dengan 25 Agustus 2011, telah berkunjung ke Kantor KeSEMaT dengan tujuan untuk melakukan studi banding sekaligus berkunjung ke area kerja KeSEMaT di wilayah konservasi mangrove Mangunharjo, Semarang.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Sdri. Aprilia Dewi dan Sdri. Mutia Yuli Pratiwi dari Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSDK), FISIPOL UGM dan Sdr. Iko Saptinus dari Jurusan Geofisika, Fakultas MIPA UGM.

Kunjungan dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB yang diawali dengan kunjungan ke Kantor KeSEMaT, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi rehabilitasi mangrove dan pemberdayaan masyarakat pesisir.


Dalam kesempatan ini, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Windy Indra Ardiansyah (Programme Manager) telah memberikan dua buah buku mangrove KeSEMaT kepada para mahasiswa UGM dan menjelaskan mengenai program rehabilitasi mangrove KeSEMaT di daerah pesisir Jawa Tengah dan Indonesia serta teknik pengolahan bahan makanan berbahan dasar mangrove.

Selanjutnya, kunjungan dilanjutkan dengan berkunjung ke kawasan mangrove Mangunharjo Semarang, menemui salah seorang Kelompok Tani Mangrove yang menjadi mitra kerja KeSEMaT. Hasil dari kunjungan ini akan dijadikan bekal untuk diterapkan oleh para mahasiswa dari UGM Yogyakarta ini, selama menjalani KKN di Teluk Bintuni, Papua, selama kurang lebih dua bulan mendatang.