21.6.11

Pendaftaran Mangrove REpLaNT 2011 : Seminar Nasional, Pelatihan, Penyuluhan, Pembibitan, Penanaman dan Penyulaman Mangrove Telah Dibuka!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada para pelajar, mahasiswa dan masyarakat di seluruh Indonesia, bahwa KeSEMaT kembali akan menyelenggarakan program konservasi mangrove tahunannya bertajuk Mangrove REpLaNT (MR) 2011 : Seminar Nasional, Pelatihan, Penyuluhan, Pembibitan, Penanaman dan Penyulaman Mangrove yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 – 24 Juli 2011 di Teluk Awur, Jepara.

MR 2011 mengambil tema “Mangrove For Disaster Mitigation” (MFDM). Pendaftaran peserta dibuka mulai tanggal 19 Juni sampai dengan 9 Juli 2011. Bagi yang berminat, dipersilahkan untuk segera mendaftarkan diri sehubungan dengan keterbatasan kuota hanya untuk 30 orang peserta saja dan mencermati keterangan di bawah ini. Kami tunggu kontribusi Anda, demi penyelamatan mangrove di Indonesia dan dunia.

LATAR BELAKANG
Hutan mangrove adalah hutan yang terdapat di sepanjang pantai atau muara sungai yang dipengaruhi oleh gerakan pasang surut air laut. Hutan mangrove di Indonesia merupakan salah satu yang terluas di dunia, yaitu mencapai 25% dari total luas hutan mangrove dunia. Ekosistem mangrove memiliki fungsi yang sangat penting secara ekologi dan ekonomi, baik untuk masyarakat lokal, regional, nasional maupun global. Namun demikian, hutan mangrove mendapatkan tekanan yang sangat tinggi akibat perkembangan infrastuktur, pemukiman, pertanian, perikanan, dan industri.

Salah satu tekanan yang menyebabkan kerusakan hutan mangrove di Indonesia adalah proyek reklamasi pantai demi pemenuhan kebutuhan manusia yang mengakibatkan degradasi lahan mangrove dan pemukiman penduduk karena hampir 60% penduduk Indonesia bermukim di wilayah pantai. Selanjutnya, diperkirakan sekitar 200.000 ha mangrove di Indonesia, juga telah mengalami kerusakan setiap tahunnya. Data tahun 1980 menyebutkan bahwa dari 2,49 juta ha mangrove di Indonesia, 40% telah rusak. Mangrove memiliki peranan yang sangat strategis didalam mengurangi dampak buruk kerusakan wilayah pesisir, diantaranya mengurangi kekuatan gelombang tsunami, penahan badai, pencegah abrasi, penyeimbang sistem ekologi pesisir, dan lain-lain. Namun demikian, peranan ini agaknya tidak banyak diketahui oleh masyarakat.

Selanjutnya, mengingat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari keberadaan hutan mangrove sebagai sumber mata pencaharian seperti pengolahan makanan berbahan dasar mangrove, penyediaan bibit untuk program rehabilitasi dan masih banyak manfaat lainnya, maka masyarakat, khususnya masyarakat pesisir harus turut diberdayakan dalam usaha pelestarian maupun rehabilitasi hutan mangrove tersebut, baik dengan cara memberikan peningkatan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya ekosistem hutan mangrove, maupun dengan turut memberdayakan masyarakat dalam usaha pengelolaan hutan mangrove tersebut tanpa harus merusaknya.

Atas dasar pemikiran tersebut di atas, maka KeSEMaT menyelenggarakan program tahunannya yang bertajuk MR 2011 : Seminar Nasional, Penyuluhan, Pelatihan, Penanaman dan Penyulaman Mangrove dengan tema MFDM pada tanggal 22 – 24 Juli 2011 di Teluk Awur, Jepara yang bertujuan untuk menjaga kelestarian dan menumbuhkembangkan rasa kepedulian mangrove di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

TUJUAN UMUM
Sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya ekosistem mangrove untuk mengurangi dampak bencana di pesisir.
2. Memberikan pelatihan peserta tentang tata cara membibitkan, menanam, merawat dan menjaga kelangsungan ekosistem mangrove.
3. Memberikan wawasan tentang manfaat pengolahan hasil ekosistem mangrove.
4. Memberikan keterampilan pengolahan bahan makanan berbahan dasar buah mangrove.

ACARA PELATIHAN
1. Pelatihan I : Pengenalan Spesies Mangrove
2. Seminar Nasional Mangrove : MFDM
3. Pelatihan II : Teknik Pembibitan, Penanaman dan Penyulaman Mangrove
4. Pelatihan III : Praktek Pembibitan dan Penanaman Mangrove
5. Pelatihan IV : Diskusi dan Tanya Jawab Teknik Rehabilitasi Mangrove
6. Pelatihan V : Praktek Penyulaman Mangrove
7. Field Trip (FT)

DESKRIPSI KEGIATAN
1. Pengenalan Ekosistem Mangrove. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam ruangan yang akan dipandu oleh Praktisi Mangrove KeSEMaT.
2. MR 2011 akan dibuka secara langsung oleh Bupati Kabupaten Jepara, pada hari Sabtu, 23 Juli 2011.
3. Seminar Nasional bertema MFDM akan dikemas dalam format diskusi panel yang akan mempertemukan tiga orang Panelis, yaitu Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta.
4. Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Mangrove. Kegiatan ini akan dilakukan di dalam ruangan yang akan dipandu langsung oleh Peneliti Mangrove dari Teknologi Pangan Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Semarang.
5. Penanaman dan Penyulaman Mangrove. Kegiatan ini akan dilakukan secara bersama-sama oleh peserta, panitia dan masyarakat di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) Teluk Awur, Jepara.
6. FT akan dilaksanakan di lokasi MECoK, Pulau Panjang, Wisata Pantai Kartini Jepara dan Masjid Agung Demak.

DESKRIPSI ACARA
PEMBICARA SEMINAR NASIONAL MANGROVE*

1. BMKG Jakarta
2. BPPT Jakarta
3. KKP Pusat Jakarta
*proses konfirmasi

TRAINER PELATIHAN PEMBIBITAN DAN PENYULAMAN MANGROVE
1. Dosen Teknologi Pangan UNTAG Semarang
2. Praktisi Mangrove KeSEMaT Semarang

KUOTA PESERTA
Para peserta yang akan hadir di MR 2011, yaitu pelajar, mahasiswa, LSM, dinas pemerintahan dan lingkungan terkait, swasta, masyarakat dan stakeholder mangrove lainnya dari seluruh Indonesia berjumlah kurang lebih 100 orang.

UNDANGAN
Para tamu undangan yang direncanakan akan hadir di MR 2011, yaitu:
1. Pemerintah Kabupaten Jepara
Bupati Kabupaten Jepara.
2. Dinas Kabupaten Jepara
Dinas pemerintahan dan lingkungan terkait di Kabupaten Jepara.
3. Dosen Ilmu Kelautan UNDIP.
Dekan, Pembantu Dekan dan Dosen Ilmu Kelautan UNDIP
4. LSM Semarang dan Jepara.
5. Swasta.
6. Masyarakat
Kepala Desa Teluk Awur dan Desa Tanggul Tlare Jepara.
7. KeSEMaTER
Kabinet KeSEMaT Periode 2010/2011 dan Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT).
8. KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER).

PENDAFTARAN
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 19 Juni - 9 Juli 2011, dan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

1. ONLINE
Formulir pendaftaran MR 2011 yang telah diunduh dan diisi dengan lengkap (Unduh Formulir Pendaftaran MR 2011 di sini), dikirimkan kembali ke email kesemat@undip.ac.id Subject : Nama Anda_Kota_Pendaftaran MR 2011, disertai dengan scan bukti/nota transfer dana Anda. Selanjutnya, panitia akan mengirimkan (1) kwitansi MR 2011, (2) jadwal acara, (3) tata tertib, (4) perlengkapan yang harus dibawa dan informasi lainnya.

2. KANTOR KeSEMaT
Kantor KeSEMaT
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275
Jawa Tengah INDONESIA
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

BIAYA
PENDAFTARAN DARI LUAR JEPARA

Umum Rp. 250.000,-
Mahasiswa Rp. 230.000,-
Pelajar Rp. 200.000,-

PENDAFTARAN DARI JEPARA
Umum Rp. 230.000,-
Mahasiswa Rp. 210.000,-
Pelajar Rp. 180.000,-

PEMBAYARAN
Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke Nomor Rekening
A.N. : Rina Setyowati S. (Bendahara MR 2011)
Nomor Rekening : 136 00 0667281 7
Bank : Mandiri Cabang UNDIP Tembalang Semarang

FASILITAS
Transport Semarang - Jepara PP, T-Shirt, Konsumsi, Sertifikat, Paket Buku Teknik Rehabilitasi dan Berbagai Bahan Olahan Mangrove KeSEMaT, Seminar Kit dan Souvenir.

KONTAK
Segala korespondensi berkenaan dengan MR 2011, bisa dilayangkan kepada:

Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan
Menteri Pengembangan Organisasi (MENPORSI)
HP. 085691092678

Sdri. Sartika V. Silalahi
Staf Menteri Pengembangan Organisasi (Staf MENPORSI)
HP. 085710384692

KANTOR KeSEMaT
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275
Jawa Tengah INDONESIA
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) di bawah Jurusan Ilmu Kelautan FPIK UNDIP Semarang.

PENUTUP
Demikian TOR ini kami susun, sebagai bahan acuan demi suksesnya acara MR 2011. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.