20.6.11

Reportase KeSEMaT di Pelatihan Pengelolaan Mangrove Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 20 Juni 2011, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Fuad Ashari (Presiden) dan Sdr. Yanuar Yoga Pradana (staf MENWEBNET) telah menghadiri undangan Pelatihan Pengelolaan Mangrove di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Semarang. Acara yang diinisiasi oleh DKP Kota Semarang ini, diharapkan bisa menjadi upaya terhadap adaptasi pada perubahan iklim.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB yang dibuka langsung oleh Kepala DKP Kota Semarang, yaitu Ir. Ida Purnomowati. Selain KeSEMaT, LSM dan dinas lingkungan terkait serta beberapa stakeholder terkait pengelolaan mangrove di Semarang, juga terlihat hadir pada kesempatan ini.

Pelatihan mangrove menghadirkan dua pemateri, yaitu Dr. Rudhi Pribadi (Praktisi Mangrove Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan - FPIK UNDIP) dan Muhammad Helmi, S.Si., M.Si (Praktisi Remote Sensing FPIK UNDIP), yang masing-masing menyampaikan pokok materi mengenai peta perencanaan tata ruang pesisir Kota Semarang kedepan dan fungsi hutan mangrove yang telah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Selain itu, juga telah disampaikan berbagai macam ancaman berupa konversi lahan mangrove yang ada di Semarang dan sekitarnya. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan pemateri yang ditutup dengan doa dan makan siang bersama.