20.6.11

KeSEMaT Sukses Selenggarakan Mangrove Training 2011 : Seminar Regional Mangrove

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 19 Juni 2011, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program pendidikan mangrove tahunannya, bertajuk Mangrove Training (MT) 2011 berupa Seminar Regional Mangrove (SRM) : Pemetaan, Pemanfaatan Buah Dalam Bidang Kesehatan dan Rehabilitasi Mangrove yang diadakan di Gedung Dekanat Lantai III Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP). MT yang diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari para KeSEMaTER, pelajar, mahasiswa, LSM dan dinas pemerintahan dari Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan kota lain ini, berjalan dengan sukses dan lancar.

MT 2011 yang dimulai pada pukul 10.00 WIB – 15.00 WIB ini, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KeSEMaT, yang diikuti dengan sambutan-sambutan, yaitu dari Sdr. Fuad Ashari (Presiden), Sdr. Rohmat Kuslarsono (Ketua MT 2011), dan Ibu Ida Purnomowati (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang) yang sekaligus membuka acara. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan coffee break yang dikuti dengan acara inti, yaitu SRM.

SRM mempertemukan tiga orang pembicara, yaitu Bapak Muhammad Helmi, S.Si., M.Si. (Peneliti Remote Sensing FPIK UNDIP), Bapak Dr. Khairul Anam (Peneliti MIPA UNDIP) dan Bapak Nova Adiwidanto, S.Hut., M.Si. (Praktisi Mangrove Dinas Kehutanan Jawa Tengah – Kelompok Kerja Mangrove Daerah Jawa Tengah) yang masing-masing menyampaikan materi berjudul Pemetaan dan Monitoring Vegetasi Mangrove, Potensi dan Strategi Pemanfaatan Mangrove Untuk Kesehatan dan Teknik Pengelolaan Rehabilitasi Mangrove di Jawa Tengah.

SRM berlangsung meriah dan kondusif, hal ini dibuktikan dari antusiasme para peserta dalam memberikan pertanyaan kepada para pemateri. Beberapa hal yang didiskusikan dalam SRM, antara lain mengenai teknik penentuan luasan mangrove dengan remote sensing, teknik pembuatan dan pengaplikasian buah mangrove sebagai obat-obatan dan masalah lahan dan HPH mangrove. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Panitia MT 2011 kepada para pemateri dan foto bersama.