25.12.12

KeSEMaT Adakan Pelatihan Batik Bakau di Mangunharjo

Semarang – KeSEMaTBLOG . Dalam rangka pemberdayaan masyarakat pesisir, KeSEMaT bersama PT. Indonesia Power dan Zie Batik Semarang mengadakan Program Pelatihan Batik Mangrove selama kurang lebih satu minggu, dalam rangka menginisiasi hadirnya Kampung Batik Mangrove Semarang (KBMS) di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Semarang.

Program ini juga turut didukung oleh Pemerintah Kota Semarang sebagai salah satu langkah untuk memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki masyarakat Semarang untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Menurut Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (DP) selaku pendiri dan owner Batik Bakau yang juga Ketua Pelaksana Kegiatan, pelatihan ini diselenggarakan di rumah salah satu warga kelurahan Mangunharjo, mulai tanggal 17 - 22 Desember 2012. Kegiatan diikuti oleh 20 orang yang semuanya adalah ibu rumah tangga. Pelatihan dipandu langsung oleh Mestro Batik Semarang, yaitu Bapak Marheno dan Ibu Zie dari Zie Batik Semarang.

Keduanya mengajarkan berbagai teknik dan keterampilan membatik mangrove kepada ibu-ibu setempat, mulai dari proses canting, pewarnaan, nemboki hingga plorotan. Ibu – ibu peserta pelatihan nampak sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara pelatihan ini.

Keseluruhan acara berlangsung baik dan lancar, dengan satu harapan hadirnya KBMS untuk mengangkat potensi ekonomi mangrove agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat Semarang, Indonesia, bahkan dunia. Amin. Semangat MANGROVER!