3.12.12

KeSEMaT Dampingi PT. PERTAMINA Tanam 16 Ribu Cemara Laut di Tanggul Tlare, Jepara

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Desember 2012, KeSEMaT telah menghadiri kegiatan penanaman 16.000 bibit mangrove di Tanggul Tlare, Jepara. Pada kesempatan kali ini, KeSEMaT diwakili oleh belasan KeSEMaTER yang dikoordinatori oleh Bapak Handung Nuryadi, S.Kel (IKAMaT). Kegiatan ini merupakan kegiatan penghijauan sabuk pantai di Tanggul Tlare Jepara yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina Semarang, dimana pada kesempatan kali ini, bekerjasama dengan KeSEMaT dan divisi pembibitan mangrove CV. KeMANGI, yaitu KeSEMaTNURSERY selaku pihak yang mengusahakan pengadaan bibitnya.

Acara yang berlangsung meriah ini, dihadiri oleh jajaran Pemkab Jepara dan juga petinggi desa setempat. Selain itu, hadir pula ratusan pegawai PT. Pertamina dan warga Jepara, yang ikut meramaikan acara penanaman mangrove jenis Cemara Laut, ini.

Acara diawali hiburan lagu-lagu untuk menghibur para tamu undangan yang hadir, sembari menunggu Bupati Jepara. Kemudian, pada pukul 09.15 WIB acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman simbolis oleh tamu undangan yang hadir, termasuk GM PT. Pertamina. Setelah penanaman simbolis selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman mangrove asosiasi jenis Cemara Laut oleh ratusan peserta, termasuk para KeSEMaTER.

“Kegiatan ini sungguh mengasyikkan. Saya dapat melaksanakan kegiatan konservasi lingkungan, MANGROVING menyelamatkan mangrove,” ujar salah satu KeSEMaTER. “Mudah-mudahan, beberapa tahun kedepan, pantai Tanggul Tlare Jepara ini dapat rindang dan sejuk, dengan ditanamnya mangrove jenis Cemara Laut, ini,” tambahnya.

Acara yang berakhir pada pukul 11.00 WIB ini, diakhiri dengan foto bersama dan makan siang. Semangat MANGROVER!