6.12.12

Eksotisme Batik Bakau!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Sesuai namanya, Batik Bakau memang terbuat dari propagul (buah dan kecambahnya) bakau. Bakau sendiri adalah nama Indonesia untuk menyebut salah satu jenis mangrove, yang memiliki nama latin Rhizophora spp. Saat propagul bakau jatuh ke tanah, kering dan membusuk, maka inilah yang kemudian menjadi cikal bakal pewarna batik mangrove yang 100% alami. Selain alami, Batik Bakau juga ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia, sehingga limbah yang dihasilkan cenderung aman.

Ditemui di Griya Batik Bakau Semarang, Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan selaku owner Batik Bakau memberikan penjelasan bahwa batiknya merupakan pengembangan dari batik mangrove yang sudah ada. “Batik Bakau sengaja tidak mempergunakan campuran bahan kimia apapun dalam proses pewarnaannya. Bahan pewarnanya diambil dari sisa-sisa guguran mangrove, jadi tidak merusak bahkan melestarikan mangrove,” jelasnya. “Minat masyarakat akan Batik Bakau juga lumayan tinggi, belum satu bulan beroperasi, kami sudah berhasil menjual lima paket Batik Bakau,” tambahnya.

Anda tertarik mengkoleksi Batik Bakau cantik nan eksotis (lihat foto di atas) yang profilnya ternyata juga sudah ditayangkan secara nasional di program Wide Shot Metro TV ini? Anda bisa membelinya di CV. KeMANGI selaku distributor resmi Batik Bakau. Selamat berbelanja. Semangat MANGROVER!