20.2.13

Cahyadi Adhe Kurniawan : 90% Mangrove Semarang Rusak!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 19 Februari 2013, KeSEMaT kembali menjadi narasumber di salah satu acara andalan KOMPAS TV (TVB) Semarang, yaitu I Love Semarang, yang disiarkan secara LIVE, mulai pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB. Kali ini KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (IKAMaT) selaku Konsultan Mangrove CV. KeMANGI.

Dalam acara ini, KeSEMaT memberikan penjelasan mengenai kerusakan ekosistem mangrove di daerah Batang, Jawa Tengah yang sudah sangat parah. Hal ini terbukti dari abrasi yang terus terjadi dan berkurangnya garis pantai sebagai akibat dari air laut yang sudah menggerus tanahnya. Bahkan, terdapat rel kereta api yang hampir tergerus air laut sebagai akibat dari abrasi. Tentu saja ini menghawatikan, mengingat jalur tersebut merupakan jalur penting penunjang perekonomian masyarakat di wilayah Pantura.

Selain itu, KeSEMaT juga membahas tentang keberlangsungan hidup mangrove yang terdapat di Semarang dan sekitarnya, yang kondisinya tidak kalah parah dari Batang. 

“Kerusakan ekosistem mangrove di Semarang lebih dari 90%. Ini juga diperparah dengan semakin tingginya pencemaran lingkungan karena limbah pabrik maupun rumah tangga dan aktifitas merugikan masyarakat lainnya,” jelas Sdr. Cahyadi.

Di akhir acara, tak lupa, KeSEMaT memberikan pesan agar masyarakat Semarang dan sekitarnya bisa lebih peduli dengan penyelamatan ekosistem mangrove di Semarang, demi masa depan yang lebih baik.