19.2.13

PERHUTANI Gandeng KeSEMaT di BUMN Peduli 2013

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 16 Februari 2013, KeSEMaT sukses menyelenggarakan Workshop Pelestarian dan Rehabilitasi Mangrove Pantura Jawa Tengah (WPRMPJ) 2013 sebagai bentuk implementasi program BUMN Peduli Pelestarian Alam dan Lingkungan 2013. Workshop ini merupakan pelaksanaan proyek rehabilitasi mangrove PERHUTANI, yang menunjuk KeSEMaT sebagai operator pelaksana proyek di lapangan. Acara diselenggarakan di Gedung A lantai 2, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang mulai pukul 09.00 WIB - 15.00 WIB.

Peserta yang hadir dalam (WPRMPJ) ini berjumlah 14 kelompok petani mangrove (Randusanga, Depok, Pesantren, Wonorejo, Mangkang Kulon, Mangkang Wetan, Mangunharjo, Tambakrejo, Tapak, Bedono, Tanggultlare, Pangkalan, Pasar Banggi dan Tireman,) yang berada di Pantura Jawa Tengah, yaitu dari mulai Brebes sampai dengan Rembang. WPRMPJ ini juga dihadiri oleh Bapak Imam Sulistyono dan Bapak Ayom selaku perwakilan dari Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Jawa Tengah.

Program Pelestarian dan Rehabilitasi Pantura Jawa Tengah hasil kerjasama PERHUTANI dengan KeSEMaT ini, dikemas dalam bentuk serangkaian acara sosialisasi dan pelaksanaan penanaman dan pemeliharaan mangrove yang akan dilakukan sepanjang tahun 2013 dan difokuskan di pantai utara (pantura) Jawa.

Dalam hal ini, KeSEMaT selaku operator, ditunjuk sebagai koordinator bagi 14 kelompok tani mangrove sepanjang pantura Jawa, dalam rangka implementasi proyek.

Dalam proyek ini, terdapat 19 BUMN yang turut berpartisipasi, yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, Pertamina, PGN, Bukit Asam, PUSRI, Pupuk Kaltim, Telkom Indonesia, PLN, Pelabuhan Indonesia III, Angkasa Pura II, Bank BNI, Jamsostek, Pegadaian, Bank BTN, PTPN 7, Perkebunan Nusantara, Jasa Tirta dan PERHUTANI selaku koordinator proyek.

Program BUMN Peduli 2013 ini, serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, dimana di Jawa Tengah, KeSEMaT ditunjuk sebagai operator resminya.

Saat workshop, perkenalan KeSEMaT selaku mitra kerja dan operator, disampaikan oleh Bapak Arief Marsudi Harjo, S.Kel (DK). Setelah itu, sosialisasi mangrove disampaikan oleh Bapak Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing) selaku perwakilan dari Akademisi UNDIP Semarang.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sosialisasi program BUMN Peduli Pelestarian Alam dan Lingkungan 2013 yang disampaikan oleh Bapak Cahyo Kawedar, S. Hut (PERHUTANI). Setelah sosialisasi selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian teknis pekerjaan penghijauan dan penanaman mangrove beserta monitoring dan evaluasinya, oleh Bapak Arif Marsudi Harjo, S. Kel.

Workshop yang dihadiri oleh kurang lebih 80 orang peserta ini, berlangsung dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan beberapa kesimpulan dan rekomendasi, serta foto bersama.

Semoga saja, dengan adanya program penghijauan yang akan dilakukan oleh KeSEMaT, PERHUTANI, BUMN dan seluruh kelompok tani mangrove dan masyarakat pantura yang terlibat, akan dapat membantu mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari kerusakan mangrove, yang saat ini terus saja terjadi di wilayah pesisir Indonesia. Amin. Salam MANGROVER!