18.2.13

KeMANGTEER Jakarta Kunjungi Area Kerja KeSEMaT

Semarang – KeSEMaTBLOG. Beberapa waktu yang lalu, di awal Februari 2013, Rekan-rekan kami dari KeMANGTEER Jakarta, berkesempatan berkunjung ke area kerja kami di Semarang. Adalah Sdr. Edy Rahmanto, Sdri. Karunia Kiki dan Sdri. Tuti Alawiyah yang turut bersama kami, MANGROVING ke berbagai titik di kawasan mangrove yang mengalami kerusakan, di Semarang dan Jepara.

Di Jepara, kami mengajak mereka untuk melihat secara langsung kawasan konservasi mangrove kami di dua lokasi, yaitu di MECoK Teluk Awur dan Tanggul Tlare, Jepara. “Ternyata abrasi di Jepara sanga parah. Kita harus cepat bertindak. Untungnya, sudah banyak pihak yang mau bergandeng tangan dengan KeSEMaT, merehabilitasi kawasan mangrove di sini, ya,” jelas salah seorang KeMANGTEER yang mengaku sangat prihatin dengan kondisi pesisir Jepara.

Tak hanya di Jepara, kami juga mengajak Rekan-rekan KeMANGTEER Jakarta untuk bertemu langsung dengan para mitra kerja kami di Semarang, diantaranya ke pusat pengembangan Batik Bakau dan Jajanan Mangrove.

Saat berkunjung ke lokasi pengembangan Kampung Batik Mangrove Semarang (KBMS) di Gunung Pati, Semarang, kami diterima langsung oleh Ibu Zie dan Bapak Eno, selaku mitra kerja kami dalam mengembangkan Batik Bakau di Semarang.

Selain belajar mencanting, KeMANGTEER Jakarta juga menggali lebih dalam mengenai sejarah batik mangrove di Semarang dan usaha yang dilakukan Zie Batik dan KeSEMaT dalam mengembangkannya.

Kami juga mengajak KeMANGTEER Jakarta, untuk mengikuti kegiatan kami di proyek pengembangan Jajanan Mangrove, sebuah proyek kerjasama kami dengan PT. Indonesia Power, Semarang. Di sini, KeMANGTEER Jakarta berkesempatan melihat pengaturan manajemen, pelatihan dan konsep pemberdayaan masyarakat kami di Mangkang Wetan, Semarang bersama warga binaan.

Tak hanya itu, bersama KeMANGTEER Jakarta, kami juga berkesempatan mengunjungi lokasi-lokasi wisata dan kuliner di Semarang dan Jepara, diantaranya ke Lawang Sewu, Vihara Buddhagaya Watu Gong, Masjid Agung Jawa Tengah dan lain sebagainya.

Selain untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan, kunjungan ini merupakan sebuah usaha bersama dari KeSEMaT dan KeMANGTEER Jakarta, dalam rangka tukar pendapat dan pikiran seputar pengembangan organisasi ke arah yang lebih baik, untuk meningkatkan pelayanan kami kepada mangrove dan warga pesisir di Indonesia bahkan dunia. Semangat MANGROVER!