25.2.13

Mangkang Wetan Semarang Ditanami 3000 Mangrove!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 23 Februari 2013, KeSEMaT diundang oleh Rotaract Club of Semarang Yudhistira di acara Penanaman 3000 Mangrove untuk Bumi yang dilakukan di area pertambakan nelayan kelurahan Mangkang Wetan. Acara ini merupakan pelaksanaan program GENTAKUNG (Generasi Cinta Lingkungan) yang turut mengajak para generasi muda Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Semarang, untuk meningkatkan kesadaran cinta lingkungan pada diri anak muda.

Peserta yang hadir dalam acara ini berjumlah 40 peserta, diantaranya dari Rotaract Club, KeSEMaT, Rotary Kunti, AIESEC, dan peserta dari pecinta alam dari berbagai SMA di kota Semarang. Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan berkumpul di Masjid Baiturrahman, yang dilanjutkan perjalanan menuju ke lokasi penanaman mangrove dengan mengendarai bus.

Acara dimulai dengan pemotongan tumpeng oleh Presiden Rotary Kunti, Sri Lestari Soediro, penyerahan bibit secara simbolis oleh presiden Rotary dan Rotaract kepada Bapak Ali Imron selaku petani setempat, penyuluhan tentang bagaimana cara menanam mangrove yang benar oleh Bapak Ali Imron, yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman mangrove.

Penanaman mangrove dilakukan di tambak milik warga, hal ini dikarenakan pantainya sudah rusak akibat abrasi. Bibit yang ditanam adalah dari jenis Avicennia dan Rhizophora. Penanaman dilakukan dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

Setelah penanaman, dilakukan sharing dan makan bersama dengan warga setempat. Diskusi mangrove dimulai dari teknik penanaman mangrove, jajanan mangrove, sampai dengan batik mangrove yang dibuat sendiri oleh warga setempat dengan pendampingan langsung dari KeSEMaT.

Acara ditutup oleh Bapak Ferry dari kelompok nelayan setempat, yang memberikan pesan-pesan kepada para generasi muda untuk lebih peduli dengan mangrove Semarang dan Indonesia, yang saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Semoga saja, dari acara ini akan semakin banyak generasi muda yang peduli dengan mangrove sehingga dapat menjaga dan melestarikan mangrove. Selain itu, semoga saja hasil dari penanaman mangrove ini, akan dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat Mangkang Wetan, Semarang, bahkan Indonesia. Amin. Salam MANGROVER!