16.2.13

KeSEMaTER XIII Resmi Dilantik!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 8 – 10 Februari 2013, KeSEMaT sukses melaksanakan program KeSEMaTOUR 2013 (KT) yang merupakan tahapan terakhir dari seluruh rangkaian program Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XIII, KeSEMaTHUNT – KeSEMaTOUR (KHKT) 2013 : Mangrove Defender. Acara tersebut dilaksanakan di Desa Pasar Banggi, Rembang.

KT merupakan tahapan penerimaan dan pelantikan CAMaT (Calon Anggota KeSEMaT) XIII menjadi ABK (Anggota Baru KeSEMaT), yang sekaligus sebagai kegiatan peninjauan langsung ke suatu kawasan mangrove, untuk meningkatkan kualitas keilmuan-mangrove, para Anggota KeSEMaT.

Di hari pertama, para CAMaT XIII berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP untuk melakukan registrasi. Kemudian, acara dimulai dengan sambutan dari Sdr. Ferri Septia Purwadi (Ketua KHKT 2013), yang dilanjutkan oleh sambutan dari Sdr. Amrulloh Rosadi (Presiden).

Setelah registrasi dan sambutan, para peserta menunjukkan kekompakkannya di hadapan para panitia KHKT 2013 dan CAMaT XIII lainnya, dengan jargon mangrove masing-masing kelompok. Sebelum berangkat ke Desa Pasar Banggi, Rembang, acara dilanjutkan dengan foto bersama.

Sesampainya di Rembang, para CAMaT XIII mendirikan tenda dan melaksanakan ISHOMA. Pada malam harinya, para KeSEMaTER dan CAMaT XIII disambut dengan ramah - tamah oleh Pak Yadi dan Pak Sahal, selaku Ketua Kelompok Tani di Desa Pasar Banggi, Rembang.

Setelah sarasehan, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan transek oleh para CAMaT XIII. Setelah lelah dengan kegiatan pada hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat.

Keesokan harinya, para CAMaT XIII melakukan sholat berjamaah, senam pagi, sarapan, dan permainan kebersamaan, yang dipimpin oleh panitia KT 2013.

Acara selanjutnya, briefing, pengarahan dan persiapan pengambilan data mangrove oleh koordinator lapangan, sebelum menuju ke lokasi pengambilan transek mangrove.

Setelah pengarahan, KeSEMaTER dan CAMaT XIII langsung menuju lokasi. Di lokasi, para CAMaT XIII diajarkan proses pengambilan data mangrove di lapangan oleh Sdr. Tangguh Gilang P.W. (IKAMaT). Di lokasi tersebut, terdapat beberapa jenis mangrove, diantaranya Rhizophora mucronata, R. stylosa, R. apiculata, Avicennia marina, Sonneratia alba dan jenis mangrove lainnya. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pengolahan data.

Pada sore harinya, dilakukan presentasi nama masing - masing kelompok, dan debat. Sedangkan pada malam harinya, diadakan api unggun, pentas seni dan renungan malam.

Setelah menjalankan aktivitas di hari kedua, keesokan harinya dilanjutkan dengan perjalanan menuju bedeng, penanaman mangrove, dan siang harinya dilaksanakan upacara pelantikan 19 CAMaT Angkatan XIII.

Setelah melaksanakan seluruh rangkaian acara pada tahapan KeSEMaTOUR 2013, para CAMaT melaksanakan ISHOMA, dan terakhir ditutup dengan berpamitan kepada Pak Yadi dan warga sekitar, serta foto bersama.

Kemudian, para KeSEMaTER dan ABK melanjutkan perjalanan menuju ke Semarang dan berkumpul kembali di GSG UNDIP, sebagai acara penutup dari tahapan rangkaian KHKT 2013. Acara diakhiri dengan doa dan foto bersama. Salam MANGROVER!

No comments:

Post a Comment