25.2.13

KeSEMaT Tim Ahli Proyek Mangrove Rockefeller Foundation

Semarang – KeSEMaTBLOG. KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (IKAMaT) tergabung dalam Tim Ahli Proyek Rehabilitasi Mangrove di Semarang selama empat tahun kedepan, dengan fokus rehabilitasi mangrove dan pemberdayaan masyarakat. Proyek ini didanai oleh Rockefeller Foundation dan dilaksanakan oleh Mercy Corps Indonesia. Tim ahli proyek ini, diantaranya adalah KeSEMaT, MAP Blue Forest, LP2MP UNNES, BINTARI dan FPIK UNDIP.

Proyek diawali dengan Pelatihan Manajemen Proyek kepada tim ahli yang berlangsung pada tanggal 18 - 19 Februari 2013 di Hotel Dafam Semarang. Dalam pelatihan ini, diberikan pengarahan mengenai ruang lingkup proyek yang akan dijalankan serta pembagian peranan dan tanggung jawab dari masing-masing lembaga.

Selain itu, dalam pelatihan juga dibuat kesepakatan-kesepakatan mengenai konsep rehabilitasi mangrove yang sesuai dengan konsep sosial ekologi yang akan diimplementasikan berdasarkan budaya dan adat istiadat masyarakat setempat.

Dengan konsep seperti ini, maka diharapkan proyek mangrove yang akan dikembangkan dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan hasil yang diharapkan. Hasil dari pelatihan ini, adalah sebuah rekomendasi yang akan disusun menjadi sebuah pedoman yang dinamakan Project Implementation Plan (PIP). 

Rekomendasi PIP merupakan hasil akhir dari kegiatan pelatihan kali ini, yang akan dilanjutkan dengan pertemuan rutin untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan lanjutan, demi suksesnya program yang akan dijalankan.