13.3.15

KeSEMaT Usulkan Pendampingan Masyarakat di RENSTRA KKP

Jakarta - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 11 - 12 Maret 2015, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Fuad Ashari (Alumni KeSEMaT) mengikuti acara Konsultasi Publik Rancangan Rencana Strategi (KP RENSTRA) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2015 - 2019 yang diadakan di Gedung Mina Bahari dan Hotel Borobudur, Jakarta.

Acara yang dihadiri oleh 230 peserta dari kalangan akademisi, pemerintahan, asosiasi pengusaha, LSM dan media yang berkecimpung dibidang kelautan dan perikanan tersebut terlaksana atas kerjasama KKP dengan Indonesia Marine and Climate Support (IMACS).

Dalam pembukaan acara yang dilakukan di Kantor KKP, Menteri KP Susi Pudjiastuti menekankan kepada semua pihak dan peserta untuk mewujudkan visi KKP, yaitu Kedaulatan Kemaritiman dan Keberlanjutan Perikanan.

Acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok di Hotel Borobudur, yang pada kesempatan ini, KeSEMaT masuk kedalam kelompok D, yang terdiri dari LSM dan media. Salah satu program rehabilitasi pesisir yang masuk kedalam RENSTRA ini tertuang dalam quick wins berupa Gerakan Cinta Laut dan Rehabilitasi Kawasan Pantura Jawa melalui Penanaman Mangrove 3 Juta Batang per Tahun, Pembangunan Sabuk Pantai 7,5 km dan Rekayasa Hybrid 25 km sampai tahun 2017.

Pada saat diskusi yang dipimpin oleh staf ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut, Dr. Dedy H. Sutisna berlangsung, KeSEMaT mengusulkan penambahan konten kedalam rancangan, yaitu penyuluhan dan pendampingan masyarakat dalam upaya rehabilitasi ekosistem pesisir dan kawasan konservasi perairan.

Setelah melalui banyak diskusi dan masukan dari berbagai kalangan pada sidang pleno hari kedua yang diikuti seluruh peserta, acara ditutup oleh para Dirjen dan dalam waktu dekat akan disahkan sebagai RENSTRA KKP 2015 - 2019.