20.4.12

Anak SD Sudah Tahu Mangrove. Anda?

Semarang – KeSEMaTBLOG. Apa yang Anda pikirkan saat melihat foto di samping ini? Foto ini adalah foto saat kami mengajar mangrove di SDN Sumurboto, Semarang. Pada tanggal 19 April 2012 yang lalu, KeSEMaT GOES TO SCHOOL (KGTS) 2012, sebuah program pengajaran, lomba gambar dan cerdas cermat mangrove ke sepuluh SD di Semarang kami, memang sedang berjalan hingga 12 Mei 2012 mendatang. Tujuan dari program ini, tak lain dan tak bukan adalah untuk menanamkan rasa cinta, sayang dan peduli mangrove semenjak dini ke para pelajar Indonesia, dalam hal ini para siswa/siswi SD di Semarang dan sekitarnya.

Berbekal modul pengajaran mangrove, alat peraga flora dan fauna mangrove dan beberapa makanan ringan-sehat, kami mengajarkan pengetahuan mangrove kepada Adik-adik kami. Kami menggambarkan bentuk-bentuk perakaran, jenis tumbuhan dan binatang mangrove. Kami juga mengajarkan kepada mereka, bagaimana caranya menanam dan memelihara mangrove yang baik dan benar dengan propagul mangrove yang kami bawa. Tak lupa, kami juga meminta mereka maju ke depan kelas, untuk menjawab kuis mangrove kami. Setiap kali jawaban benar, kami memberikan makanan ringan kepada mereka untuk merangsang daya ingat dan kreativitas Adik-adik kami ini.

Hasil dari pengajaran mangrove kami ini, sungguh luar biasa. Mereka bisa dengan cepat menangkap dan menerima informasi dan pengetahuan mangrove yang kami ajarkan. Dengan sigap mereka mampu menyebutkan flora dan fauna mangrove dan bisa dengan tepat mempraktekkan cara menanam dan memelihara mangrove. Bila sudah begini, kami hanya ingin bertanya, “Anak SD sudah tahu mangrove, Anda?” Semangat MANGROVER!