17.4.12

KeSEMaT Dampingi Workshop Capacity Building Mangrove For The Future di Demak

Demak - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 8 April 2012, KeSEMaT telah mendampingi Mangrove For The Future (MFF) Indonesia dalam penyelenggaraan “Workshop dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Kegiatan Pengelolaan Lingkungan Pesisir Berbasis Masyarakat di Demak Provinsi Jawa Tengah.” Workshop dan pelatihan ini dihadiri oleh kurang lebih 100 orang peserta (25 orang tiap desa) yang berasal dari empat desa, antara lain : Desa Sriwulan, Desa Bedono, Desa Timbulsloko dan Desa Surodadi.

Pada kesempatan kali ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Handung Nuryadi (IKAMaT), Sdr. M. Ikhsan Sri Hartadi (IKAMaT), Sdr. Cahyadi Adhe K. (DP), Sdr. M. Faisal Rachmansyah (Presiden), Sdr. Ganis Riyan Efendi (MENWEBNET), Sdr. Rohmat Kuslarsono (Staf MENSEK), Sdr. Afriza Aziz (MENKOMSI), Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN), Sdri. Sayyidah Fatchiyyah (MENPORSI), Sdr. Juli Prasetyo (Staf MENWBNET), Sdr. Aditya Sukma B. (Staf MENWIRA) dan Sdri. Umi Fatimah (Staf DEPUSMAT). Dipimpin langsung oleh Ketua Panitia, yaitu Sdr. Arief Marsudi Harjo (DK), acara dipusatkan di SD Bedono 1, Desa Bedono, Demak.

Acara hasil kerjasama MFF, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Pemerintah Kabupaten Demak ini, dimulai pada pukul 08.00 WIB. Workshop diawali dengan registrasi peserta, kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia dan sekaligus pembukaan acara workshop. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi. Peserta dibagi menjadi dua ruangan. Ruangan pertama dari Desa Sriwulan dan Desa Bedono mendatangkan pemateri Dr. Rudhi Pribadi (Ekosistem Pesisir dan Ekologi Mangrove), Prof. Dr. Ir. Johannes Hutabarat, MSc. (Rehabilitasi Pesisir dan Adaptasi dan Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim), Ir. Heru Budiyono, MP (Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu Berdasar Undang-Undang No. 27 Tahun 2007) dan Bapak Ir. Ismail,M.Si (Perencanaan Parsitipatif).

Ruangan kedua dari Desa Timbulsloko dan Surodadi, menghadirkan pemateri Prof. Ambaryanto,M.Sc (Ekosistem Pesisir dan Ekologi Mangrove), Bapak Deni (Rehabilitasi Pesisir dan Adaptasi dan Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim), Bapak Suharto (Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu Berdasar Undang-Undang No. 27 Tahun 2007) dan Ir. Irwani, M.Phill (Perencanaan Parsitipatif). Dimoderatori oleh Sdr. M. Faisal Rachmansyah (ruang pertama) dan Sdr. Handung Nuryadi (ruang kedua), sesi pemaparan materi berlangsung kurang lebih empat jam. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta workshop kepada pemateri. Pada umumnya penanya menanyakan tentang keberlanjutan program yang telah diadakan, dan diharapkan bisa diaplikasikan langsung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Acara yang berakhir pukul 14.30 WIB ini, diakhiri dengan foto bersama antara panitia, pemateri, dan peserta workshop.