20.4.12

Ajarkan Mangrove, Ajarkan Masa Depan!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Bagi kami, mengajarkan mangrove, berarti mengajarkan masa depan. Mungkin, anak-anak didik kami yang masih duduk di SD ini, belum paham betul apa maksud kami mengajarkan pengetahuan mangrove kepada mereka. Namun, kami percaya bahwa satu saat, di masa depan mereka, mereka akan menyadari bahwa ilmu mangrove yang kami berikan ini akan bisa membuat mereka semakin menyadari bahwa negara mereka sangat membutuhkan uluran tangan dan kepedulian dari para mangrovernya. Masa depan, akan hampa bila hutan mangrove terus saja ditebang dan diterjang oknum pembalak mangrove.

Membentuk pribadi yang peduli mangrove memang sulit. Apalagi informasi dan pengetahuan mangrove memang tidak diajarkan di sekolah-sekolah formal. Bila sudah tumbuh dewasa dan tak memiliki dasar pengetahuan mangrove yang cukup, agak sulit menanamkan rasa cinta dan sayang kepada tumbuhan pesisir yang memiliki sejuta manfaat bagi umat manusia, ini.

Untuk itulah, semenjak dini, sudah seharusnya mulai diajarkan ilmu mangrove secara perlahan, agar rasa peduli mangrove bisa ditumbuhkan sedari kecil. Bila masyarakat Indonesia peduli mangrove, maka masa depan negara ini, pasti juga akan berbeda, dimana pesisir Indonesia akan semakin hijau dan rindang, masyakatnya sejahtera. Semangat MANGROVER!