4.4.12

Pertajam Ilmu Identifikasi Mangrove, KeSEMaTER Lakukan KGTA II di Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Belajar mangrove bisa dimana saja. Kali ini, para KeSEMaTER belajar mangrove dengan cara terjun langsung ke lapangan, ke kawasan mangrove di Jepara, dengan cara melaksanakan kegiatan KeSEMaT GOES TO ARBORETUM (KGTA) II. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua KGTA II, yaitu Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN) selama dua hari, mulai 31 Maret – 1 April 2012. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan Departemen Pendidikan dan Penelitian (DEPDIKTAN) KeSEMaT ini bertujuan untuk mempertajam ilmu dan pengetahuan mangrove para Anggota Baru KeSEMaT yang baru saja dilantik beberapa minggu yang lalu.

Di hari pertama, para KeSEMaTER belajar mengidentifikasi tumbuhan mangrove secara langsung ke Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) Teluk Awur, Jepara . Di MECoK terdapat beberapa spesies mangrove, diantaranya Ceriops tagal, Rhizophora apiculata, R. mucronata, Aegiceras corniculatum, Hibiscus tiliaceus, Excoecaria agallogha dan lain-lain. Para KeSEMaTER sangat antusias dalam mengidentifikasi mangrove yang dibimbing langsung oleh MENDIKTAN dan IKAMaT. Di acara tersebut, KeSEMaTER diajak untuk lebih mengenal ciri-ciri morfologi mangrove yang berbeda antar spesies. Cara mengidentifikasi mangrove adalah dengan cara melihat bentuk akar, batang, daun, bunga, dan buah.

Di hari kedua, para KeSEMaTER juga berkunjung ke Ujung Piring, Jepara yang juga merupakan kawasan mangrove yang ada di Jepara. Di kawasan ini, terdapat dua jenis mangrove yang tidak didapati di Teluk Awur, yaitu dari golongan Sonneratia. Pemandangan di daerah Teluk Awur dan Ujung Piring memberikan sajian keindahan mangrove yang sangat mempesona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Keseluruhan acara KGTA II berlangsung baik dan lancar yang akan dilanjutkan kembali dengan KGTA-KGTA selanjutnya di berbagai kawasan mangrove di pesisir Pantai Utara Jawa, lainnya. Semangat MANGROVER!