20.4.12

BAKOSURTANAL dan KeSEMaT Lakukan Ground-Check Mangrove di Pesisir PANTURA

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 8 April 2012, KeSEMaT yang diwakili oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing), Sdr. Oky Yuripa P. (IKAMaT), Sdr. Niharul Annas (DP), Sdr. Tangguh Gilang P.W. (DP) dan Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN) telah melakukan rapat koordinasi bersama dengan BAKOSURTANAL Jakarta, pukul 16.30 WIB – 18.00 WIB di Kampus Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Semarang.

Pertemuan membahas mengenai survei untuk pemetaan mangrove sebagai ground-check (GC) data, untuk dikorelasikan dengan citra satelit di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Jepara, Kabupaten Demak dan Kabupaten Kendal. Acara dimulai dengan presentasi mengenai kondisi mangrove yang berada di Pantai Utara Jawa (PANTURA) yang dibawakan oleh Dr. Rudhi Pribadi. Acara selanjutnya, diskusi mengenai kondisi dan pemetaan mangrove.

Selanjutnya, pada tanggal 9 April 2012, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Niharul Annas (DP), Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN), Sdr. Ganis Riyan E. (MENWEBNET), Sdr. Kurniawan Aridha (staf MENDIKTAN) dan Sdr. Galih Eko (staf MENKOMSI) juga telah mendampingi BAKOSURTANAL dalam pengenalan Mangrove Education Centre of KeSEMaT (MECoK), sekaligus GC data mangrove yang ada Desa Teluk Awur, Desa Ujung Piring dan Desa Tanggul Tlare, Jepara.

Sebagai informasi, GC yang dilakukan antara lain berupa pengukuran diameter dan keliling batang mangrove yang berada di dalam transek berdasarkan titik yang telah ditentukan, serta pengambilan sampel substrat yang berada di titik tersebut. Keseluruhan acara berlangsung baik dan lancar yang hasilnya akan dijadikan sebagai sebuah rekomendasi bagi pemetaan mangrove dan pesisir di Indonesia. Semangat MANGROVER!