7.5.13

Icip Jajanan Mangrove, Gubernur Jateng : “Enake, Ra Jamak!”

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 6 Mei 2013, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Ganis Ryan Effendi (DP), Sdr. Afriza Aziz (IKAMaT) dan Sdr. Juli Prasetio (Staf Ahli MENWEBNET) telah menghadiri acara penanaman bibit mangrove bersama dengan Gubernur Jawa Tengah, Bapak Bibit Waluyo. Kegiatan ini merupakan program Green Airport yang diadakan oleh para penggiat mangrove di Semarang, difokuskan di kawasan sekitar Pantai Maron Semarang, Jawa Tengah. 

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT mewakili Universitas Diponegoro, sebagai satu-satunya Universitas di Semarang, yang memiliki Unit Kegiatan Kemahasiswaan dalam bidang mangrove, diberikan kesempatan untuk membuka pameran di acara tersebut.

Bagi KeSEMaT, acara ini adalah ajang untuk memperkenalkan tanaman mangrove yang bisa dijadikan sebagai industri kreatif apabila dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT menghadirkan dua produk andalannya, yaitu Jajanan Mangrove dan Batik Bakau yang diolah dari mangrove.

Saat berkunjung ke stand pameran KeSEMaT, Gubernur Jawa Tengah, Bapak Bibit Waluyo menyempatkan diri untuk mencicipi Jajanan Mangrove, yaitu Kerupuk Mangrove dan Bolu Mangrove dan berkata, “Enake, ra jamak!” (Enaknya, pakai banget!).

Bangga sekali, pada kesempatan ini, Gubernur Jawa Tengah juga berkenan mengenakan Pin Jajanan Mangrove di bajunya. Pin ini merupakan media kampanye KeSEMaT, untuk menyebarluaskan fungsi dan manfaat mangrove kepada masyarakat luas.

Sebelum penanaman mangrove dimulai, Gubernur Jawa Tengah beserta jajarannya dan semua peserta penanaman mangrove yang berjumlah ratusan orang, mengendarai sepeda ke lokasi penanaman, yang dilanjutkan dengan seremonial dan acara penanaman.

Penanaman dilaksanakan dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Sebanyak 338.000 mangrove jenis Bakau, Nyamplung dan Cemara Laut telah ditanam, untuk menghijaukan kembali kawasan pesisir di Semarang. Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama.