22.5.13

Program BUMN Peduli, Kontribusi Bersama, Selamatkan Mangrove Indonesia

Semarang - KeSEMaTBLOG. Bangga sekali, di tahun 2012 yang lalu, kami dipercaya pemerintah untuk menjalankan program BUMN Peduli 2012, Sektor Pelestarian Alam dan Lingkungan. Lihatlah foto di samping ini, inilah papan nama program tersebut, dimana kami sebagai pelaksananya, bersama dengan puluhan BUMN yang dimiliki oleh Indonesia, mencoba membantu Indonesia menyelamatkan kawasan mangrove di pesisirnya.

Sebagai informasi, papan nama ini menunjukkan bahwa sampai dengan pertengahan 2013 ini, program monitoring dan evaluasi tetap kami lakukan, untuk menjaga kelulushidupan ratusan ribu bibit mangrove yang telah kami tanam di pesisir pantura Jawa, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Bekerjasama dengan kelompok masyarakat, yaitu para kelompok tani mangrove di pantura Jawa, kami bahu membahu menghijaukan kembali pesisir patura, yang kondisi mangrovenya memang sangat parah. Di Semarang contohnya, sudah 90% kawasan mangrovenya rusak, dan ini belum di kawasan pesisir pantura lainnya.

Sampai dengan artikel ini ditulis, kelulushidupan bibit mangrove dari program ini, cukup menggembirakan, yaitu bervariasi antara 50% – 90% di masing-masing lokasi. Dengan bantuan dana dari pemerintah, konsep sinergi kami dengan masyarakat pesisir ini, semoga saja bisa turut berkontribusi bagi penyelamatan mangrove dan warga pesisir Indonesia, demi masa depan yang lebih baik. Amin. Semangat MANGROVER!