28.5.13

Mas Jamang Trainer Pengolahan Buah Mangrove di Kelurahan Tugurejo, Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21-23 Mei 2013, KeSEMaT bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Semarang telah sukses menyelenggarakan acara “Penumbuhan Wirausaha Baru, Pelatihan Pengolahan Makanan di Kelurahan Tugurejo, Semarang”. Acara yang dilakukan selama tiga hari tersebut, dimulai pada pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB yang diikuti oleh dua puluh peserta yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga yang tinggal di Kecamatan Tugu.

Pada pelatihan tersebut, peserta dilatih untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia di daerah pesisir Kota Semarang, yaitu buah mangrove. Hari pertama, peserta diberi dua materi presentasi yang berisi tentang pemahaman mengenai pengertian ekosistem mangrove, cara membudidayakan mangrove dan cara memberdayagunakan mangrove yang disampaikan oleh Sdr. Kamto Wahyono (DP) selaku owner Mas Jamang.

Hari kedua, peserta diajak secara langsung untuk mengolah buah mangrove. Tahap pertama yang dilakukan adalah pengupasan buah mangrove yang dilanjutkan dengan penawaran buah mangrove. Penawaran buah mangrove dilakukan untuk menghilangkan kandungan tanin dan HCN yang terdapat di dalam buah mangrove.

Selanjutnya, peserta dilatih untuk mengolah buah mangrove tersebut menjadi Jajanan Mangrove (Jamang), diantaranya adalah Krupuk Mentah Mangrove dan Kue Lumpur Mangrove.

Pada hari ketiga, peserta diajak untuk memotong dan menggoreng Krupuk Mentah Mangrove yang dihasilkan pada pelatihan hari kedua, menjadi Krupuk Matang Mangrove.

Pelatihan terakhir yaitu pembuatan bolu mangrove. Proses pembuatan bolu mangrove tidaklah sulit. Prosesnya sama dengan pembutan bolu pada umumnya, yang membedakan adalah bahan dasar bolu tersebut menggunakan buah mangrove.

Pelatihan ditutup oleh Ibu Lurah dan Bapak perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang. Sampai dengan penutupan, semangat peserta masih sangat besar.

Semoga pelatihan ini berlanjut sampai dengan timbulnya kelompok-kelompok pengolah buah mangrove dan pembudidaya mangrove supaya mangrove di Indonesia tetap lestari. Amin. Salam MANGROVER!