27.5.13

Reportase Mangrove Cultivation 2013 KeSEMaT di Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 17 – 19 Mei 2013, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program mangrove tahunannya, yaitu Mangrove Cultivation (MC) 2013 yang bertemakan Mangrove For Creativity. MC 2013 yang berisi program seminar nasional, pelatihan, pembibitan, penyulaman, lomba poster, pentas seni, dan wisata mangrove ini diikuti oleh ratusan orang peserta dan panitia yang berasal dari seluruh Indonesia.

Acara terbagi menjadi beberapa bagian penting, diantaranya seminar nasional, pelatihan pengenalan spesises mangrove, pelatihan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove, coastal clean up dan beberapa pelatihan mangrove lainnya, yang dikemas dengan dinamis, melalui lomba cerdas cermat, permainan dan lain-lain sehingga tema kreativitas begitu kental.

Tidak hanya itu, pada MC 2013, juga disisipi dengan lomba pentas seni yang diikuti oleh peserta, diantaranya dengan membacakan puisi yang bertemakan mangrove, bernyanyi, dan ada pula yang membuat drama mengenai kondisi ekosistem mangrove di pesisir Indonesia. Selain itu, juga terdapat rangkaian wisata mangrove berupa field trip, yang kali ini mengunjungi Museum Kartini, Masjid Agung Demak, dan tempat souvenir dan ukiran khas Kota Jepara.

Kegiatan diawali dengan pelepasan peserta dari Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP Tembalang Semarang (17/5) menuju ke Tanggul Tlare, Jepara. Di Tanggul Tlare, peserta melihat secara langsung kondisi nyata ekosistem mangrove di pesisir Jawa yang kian hari terkikis oleh arus dan gelombang laut. Setelah peserta diberikan penjelasan mengenai kondisi Tanggul Tlare yang terabrasi, peserta diajak ke Asrama Universitas Diponegoro di Teluk Awur, Jepara.

Sesampai di asrama, peserta dan panitia segera membersihkan diri, sholat dan makan malam. Selepas makan malam, diadakan ramah tamah dan silaturahmi antara panitia dan peserta yang dikemas dengan atraktif dan menarik.

Pada tanggal 18/5 mulai pukul 09.00 WIB, diadakan Seminar Mangrove Nasional di Kampus Ilmu Kelautan UNDIP Jepara, yang menghadirkan Bapak Henky Hermantoro dari Setdirjen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Miss Nadine Zamira dari Miss Indonesia 2009, dan Sdr. Kamto Wahyono dari KeSEMaT.

Ketiga pembicara, masing-masing menjelaskan mengenai kiprah dan peranan mangrove dalam dunia perindustrian dan perdagangan, cara mengkampanyekan program peduli lingkungan dan pesisir, serta tantangan KeSEMaT dalam mengembangkan industri kreatif berbahan dasar mangrove.

Selanjutnya, acara diteruskan dengan pelatihan pembibitan mangrove oleh Praktisi Mangrove KeSEMaT dan praktek pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK), yang pada saat pembibitan juga diikuti oleh Miss Nadine Zamira.

Setelah berhasil membibitkan, menanam dan memelihara kurang lebih seratus bibit mangrove jenis Rhizophora, perang lumpur-pun dimulai dengan tujuan untuk mengakrabkan antar peserta dan panitia, serta mendekatkan peserta MC 2013 dengan lumpur mangrove.

Setelah membersihkan diri di pantai Teluk Awur yang indah, acara dilanjutkan dengan bersih diri dan makan malam. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba pentas seni, yang dipandu oleh KeSEMaTER. Acara ini, berlangsung sangat meriah, karena KeSEMaTER menampilkan icon wirausaha di KeSEMaT, seperti Mas Jamang, Batik Bakau, dan Kendler.

Di hari ketiga, acara dimulai dengan senam, penanaman mangrove asosiasi jenis Cemara Laut dan coastal clean up di MECoK. Sepulang dari MECoK, peserta kemudian bersih diri dan makan pagi, serta dilanjutkan dengan kuis cerdas cermat mangrove.

Sebelum peserta kembali ke Semarang, Sdri. Chairun Annisa selaku Ketua Pelaksana MC 2013 mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah mengikuti rangkaian acara MC 2013 dari awal hingga akhir acara.

Setelah penutupan, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Museum Kartini, wisata belanja di pasar tradisional dengan ragam souvenir dan ukiran khas Jepara, dan ditutup dengan kunjungan ke Masjid Agung Demak.

Keseluruhan acara MC 2013 berlangsung baik dan lancar, yang diakhiri dengan berkumpulnya kembali para peserta MC 2013 di GSG UNDIP, Tembalang, Semarang dan foto bersama.