1.5.13

UT : 32.500 Bibit Mangrove Untuk Mangkang Wetan, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 24 April 2013, KeSEMaT telah mengadakan acara Simbolisasi Serah Terima Bantuan Bibit Mangrove dari Universitas Terbuka (UT) kepada Kelompok Tani Kalisantren, Mangkang Wetan Semarang. Acara ini merupakan lanjutan dari kegiatan Mangrove RepLaNT (MR) 2012 dengan tujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi kegiatan penanaman mangrove, pada bulan Oktober tahun lalu. Pada kesempatan kali ini, hadir pula Yayasan KANOPI Indonesia, Lurah Mangkang Wetan, dan Kelompok Tani Kalisantren.

Bertempat di Desa Mangkang Wetan, Semarang, acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, yang dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara dan sambutan-sambutan. Setelah acara sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan simbolisasi penyerahan bantuan bibit sejumlah 32.500 bibit mangrove yang telah ditanam pada bulan Oktober tahun lalu, dari perwakilan UT kepada Bapak Ali Imron selaku ketua Kelompok Tani Kalisantren.

Usai penyerahan simbolis, rombongan UT diperkenalkan kepada produk olahan mangrove berupa Jajanan Mangrove (Jamang) dan Batik Bakau. Produk Jamang dan Batik Bakau merupakan produk yang sedang dikembangkan oleh KeSEMaT bersama kelompok Ibu-ibu di Mangkang Wetan, Semarang. Kali ini, Ibu Dewi dari UT berkesempatan membeli Jamang dan Batik Bakau.

Acara dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi hasil penanaman 32.500 bibit mangrove, dengan cara langsung meninjau ke lokasi. Acara diakhiri dengan penutupan dan foto bersama.