24.4.13

Wow, Forum Sekolah dan Pelajar Pecinta Mangrove Terbentuk di Cilacap!

Cilacap – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 22 April 2013, KeSEMaTER, yaitu Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (IKAMaT) menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Kegiatan Pengembangan Ekowisata dan Jasa Lingkungan yang bertempat di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Cilacap. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, dihadiri oleh siswa/i SMA beserta guru pembimbing yang berasal dari seluruh SMA se-Cilacap.

Acara dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah pemaparan materi mengenai Pengetahuan Mangrove dan Kisah Sukses KeSEMaT dan acara kedua adalah Pembentukan Forum Sekolah dan Pelajar Pecinta Mangrove di Cilacap.

Kegiatan diawali dengan pembukaan Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pengelola Sumber Daya Kawasan Segara Anakan (DKP2SKSA), sekaligus pemaparan mengenai Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Kawasan Segara Anakan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari KeSEMaT yang berisi tentang Kisah Sukses KeSEMaT sebagai Organisasi Pelestari Mangrove dan materi dari Pak Wahyono sebagai Pelestari Mangrove di Cilacap. Kedua materi disampaikan selama 45 menit yang dilanjutkan dengan diskusi dua arah antara pembicara dan peserta.

Antusiasme para peserta cukup besar, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada KeSEMaT. Salah satu pertanyaannya adalah bagaimana kunci sukses KeSEMaT dalam mengkampanyekan mangrove di Indonesia dan dunia, serta kendala yang dihadapi.

Sdr. Cahyadi memberikan tips, trik dan motivasi pengembangan oganisasi kepada para peserta dengan tujuan untuk memberikan dorongan dan semangat kepada mereka dalam rangka pembentukan organisasi mangrove demi penyelamatan mangrove di Cilacap. Tanya jawab diakhiri pada pukul 12.00 WIB, yang dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan.

Acara dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 WIB dengan pembahasan pembentukan Forum Sekolah dan Pelajar dan Pecinta Mangrove di Cilacap. KeSEMaT banyak dimintai saran mengenai pembentukan forum ini.

DKP2SKSA menilai bahwa KeSEMaT sudah cukup sukses dan mandiri, sehingga mereka menginginkan organisasi serupa KeSEMaT di Cilacap, namun dalam lingkup regional Cilacap. Keseluruhan acara diakhiri pada pukul 14.30 WIB yang ditutup oleh moderator.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyosialisasikan mangrove ke seluruh lapisan masyarakat terutama pelajar dan guru se-Cilacap, dengan membentuk Forum Pecinta Mangrove. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, maka ekosistem mangrove di Cilacap menjadi lestari demi masa depan yang lebih baik. Amin. Semangat MANGROVER!