1.4.13

Keren, Bina Citra Karya Wanita Bersiap Pameran Jamang!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 25 Maret 2013, mulai pukul 09.00 - 13.00 WIB. KeSEMaTER yang diwakili oleh Sdr. Kamto Wahyono (DP) bersama dengan perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Semarang, telah melakukan pendampingan kepada kelompok Bina Citra Karya Wanita yang berada di Kelurahan Mangunharjo. kelompok tersebut merupakan kelompok pengolah buah mangrove binaan KeSEMaT dan PT. Indonesia Power UBP Semarang. 

Pendampingan tersebut membahas mengenai penguatan kelembagaan kelompok, mulai dari pengesahan status kelompok dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat kota dan pembukuan administrasi serta perencanaan program kelompok supaya lebih terencana.

Dalam sesi diskusi, ketua kelompok telah menyampaikan beberapa pertanyaan kepada DKP Kota Semarang. Salah satu pertanyaannya adalah “Bu, bagaimana caranya kelompok bisa ikut berpartisipasi dalam pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta, ya?”

Inti dari pendampingan ini adalah memacu semangat dan melatih kelompok supaya bisa berkembang sampai dengan mandiri. Hal inilah yang menjadi luaran dan hasil dari konsep pemberdayaan masyarakat.

Semoga dengan adanya pendampingan ini, dapat menambah semangat kelompok untuk mencintai lingkungan khususnya ekosistem mangrove. Diharapkan melalui kampanye pemanfaatan lingkungan dan konsep pemberdayaan masyarakat ini, kawasan pesisir Indonesia menjadi lebih hijau dan sejahtera. Salam MANGROVER!