14.4.13

Cegah Abrasi, 230 Ribu Mangrove Akan Ditanam di Pantai Maron, Semarang!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 April 2013, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi (DP) dan Sdri. Siti Nurhidayati (MENWEBNET) telah menghadiri rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh PT. Angkasa Pura, bertempat di Ruang Rapat Kantor Angkasa Pura, Semarang. Pada rapat kali ini, dibahas mengenai rencana penghijauan sekitar Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang yang dilakukan oleh stakeholder terkait mangrove, seperti Angkasa Pura, Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan dan Kelautan, TNI, Distan Kota Semarang, PT. Phapros, PT. Pertamina, KeSEMaT dan lain-lain.

Kegiatan penghijauan pesisir ini merupakan bagian dari Program Konservasi Wilayah Pesisir di Kota Semarang, mengingat bibir pantainya yang kian hari kian menipis sehingga mengakibatkan berkurangnya wilayah Pantai Maron yang mengancam landasan pacu pesawat di dekatnya. Kegiatan penghijauan mangrove di sekitar Bandara Ahmad Yani ini, rencananya akan dilakukan dengan menanam 230.000 bibit mangrove, yang akan disebar di sekitar Pantai Maron.

Semoga saja, kegiatan penghijauan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2013 ini, akan terus berkelanjutan, mengingat Semarang telah mengalami kerusakan ekosistem mangrove mencapai 90%. Diharapkan pula, tidak hanya kegiatan menanam bibit mangrove saja, melainkan juga dilanjutkan dengan kegiatan monitoring dan evaluasi pasca penanaman, untuk mengetahui tingkat kelulushidupan bibit mangrove yang telah ditanam.