25.4.15

Amrullah Rosadi, Wakil KeSEMaT di YSEALI Academic Fellows Amerika Serikat

Semarang - KeSEMaTBLOG. Presiden KeSEMaT XII, Sdr. Amrullah Rosadi, akan mewakili KeSEMaT, UNDIP Semarang dan Indonesia dalam program Environmental Institute on Summer 2015 yang diadakan oleh Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellows di Hawaii, Colorado dan Washington DC, Amerika Serikat, mulai tanggal 3 Mei sampai dengan 6 Juni 2015. 

Diluncurkan pada tahun 2013, YSEALI diinisiasi oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan mengembangkan hubungan kerjasama antar pemuda di Asia Tenggara.

Kegiatan YSEALI, diantaranya pendidikan, pertukarakan budaya, pelatihan-pelatihan dan bantuan pendanaan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan generasi muda demi peningkatan hubungan kerjasama di masa depan, antara Amerika Serikat dan negara-negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN.

Organisasi ini, memiliki beberapa program yang meliputi lingkungan dan manajemen sumber daya alam, kewirausahaan dan pengembangan ekonomi.

"Saya akan berangkat tanggal 2 Mei 2015 dari Semarang menuju Jakarta. Saya akan mencoba membawa konsep pengembangan dan manajemen mangrove yang sudah berhasil diterapkan KeSEMaT selama di Indonesia ke Amerika," jelas mantan Presiden KeSEMaT, ini.

Sebelum diterima oleh panitia YSEALI, ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh Sdr. Amrullah, diantaranya tahap pembuatan paper, wawancara dan lain-lain.

"Proses sampai diterimanya saya di program ini, sangat selektif. Latar belakang saya sebagai mangrover yang berkesempatan mangroving ke berbagai lokasi mangrove di Indonesia dan bekerjasama dengan banyak mitra kerja KeSEMaT, baik dalam maupun luar negeri, juga konsep kampanye KeSEMaT yang anti mainstream, sangat membantu saya dalam meyakinkan Tim Juri YSEALI," ujarnya.

Sebagai informasi, para peserta YSEALI adalah dari berbagai negara di dunia yang masing-masing memiliki latar belakang berbeda.

"Senang sekali, saya bisa menjadi wakil KeSEMaT, FPIK UNDIP, berbagai afiliasi mangrove KeSEMaT, juga Indonesia di program ini, karena saya mendapatkan kesempatan emas untuk mempromosikan Mangrove Is Lifestyle KeSEMaT juga beberapa budaya Indonesia kepada para pemuda di seluruh dunia, mengingat peserta program ini adalah lintas negara," terangnya.

Selamat kepada Presiden KeSEMaT XII, Sdr. Amrullah Rosadi. Semoga warga Hawaii, Colorado, Washington DC dan beberapa negara bagian dan atau kota lainnya di Amerika Serikat yang akan dikunjungi di program ini, akan lebih banyak tahu tentang mangrove dan kondisi warga pesisirnya di Indonesia. Semangat MANGROVER!