3.4.15

Dumatra dan Dumatri 2015 Tanam Mangrove di Mangunharjo

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada hari Jumat (27/03/15), BEM Fakultas Hukum dan Komunikasi UNIKA Seogijapranata Semarang mengadakan seminar umum berjudul “Greener Today for A Better Future” di Gedung Thomas Aquinas UNIKA Seogijapranata Semarang. Terdapat dua materi yang dibahas pada seminar umum tersebut, yaitu Lingkungan dan Pengenalan Mangrove Beserta Fungsinya.

Materi pertama mengenai Lingkungan disampaikan oleh Ibu Ani dari Balai Lingkungan Hidup (BLH) Semarang, kemudian dilanjutkan dengan materi kedua mengenai Pengenalan Mangrove Beserta Fungsinya yang disampaikan oleh Duta Mangrove KeSEMaT Putri (DUMATRI) 2015, yaitu Sdri. Trialaksita S. P. A. (MENSEK).

Seminar tersebut disambut baik oleh seluruh peserta seminar. Peserta aktif bertanya dan terlihat antusias sepanjang seminar umum berlangsung.

Acara semakin terasa meriah saat peserta menyaksikan teater Fakultas Hukum dan Komunikasi UNIKA yang tampil di atas panggung memerankan kondisi pepohonan yang rusak akibat aktivitas manusia.

Hari berikutnya, Sabtu (28/03/15), BEM FHK UNIKA mengadakan acara penanaman mangrove di Mangunharjo, Semarang. Acara yang berkemas “Nandhur Yuk” ini dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Bersama peserta “Nandhur Yuk”, telah hadir pula Presiden KeSEMaT Kabinet Adhikari, Duta Mangrove KeSEMaT Putra (DUMATRA) Sdra. Alve Hadika, Duta Mangrove KeSEMaT Putri (DUMATRI) Sdri. Trialaksita S.P.A, dan KeSEMaTER lainnya.

Dekan FHK UNIKA turut meramaikan jalannya acara. Acara diawali dengan briefing oleh panitia, dan penjelasan tata cara penanaman mangrove oleh warga setempat.

Setelah itu, peserta diarahkan untuk menuju lokasi penanaman yang berjarak sekitar 500 meter dari tempat briefing. Jenis mangrove yang ditanam adalah Rhizphora sp. berjumlah 1000 bibit.

Bersama peserta dan panitia lainnya, Presiden beserta DUMATRA DUMATRI turut terjun langsung ke lokasi penanaman untuk menanam dan memperkenalkan cara yang benar untuk menanam bibit mangrove. Penanaman ini bertujuan untuk menciptakan kecintaan terhadap mangrove di kalangan pemuda.