14.4.15

KeSEMaT Terima Kunjungan dari Korea

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 11 - 12 April 2015, KeSEMaT menerima kunjungan dari Mbak Yong dari Korea dan Mas Mike dari Jakarta, keduanya berniat melakukan proyek sosial yang berfokus pada olahan mangrove di Jakarta, tepatnya di Pulau Pari, salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Rencananya, proyek ini akan dikolaborasikan antar dua bangsa, yaitu Indonesia dan Korea untuk dikompetisikan dalam sebuah ajang kompetisi lingkungan yang didanai oleh salah satu funding di Korea.

Sebelum melakukan kunjungan ke warga binaan KeSEMaT, yaitu di sentra Mas Jamang dan Batik Bakau yang terletak di Mangkang Wetan, keduanya berkesempatan untuk mampir ke Kantor KeSEMaT, untuk berdiskusi berbagai hal mengenai usaha pemberdayaan masyarakat pesisir dan mangrove.

Dalam kesempatan ini, Mbak Yong dan Mas Mike, diterima langsung oleh Bapak Aris Priyono (DK), Sdr. Fahmi A. B. (Presiden), Sdr. Alve Hadika (staf MENWIRA) dan KeSEMaTER lainnya.

"Kami ingin mengembangkan produk olahan mangrove di Jakarta, karena di Pulau Pari belum memiliki produk olahan khas mangrove, padahal merupakan kawasan wisata yang cukup berpotensi apabila jajanan dan batik mangrove dikembangkan di sana," ujar Mas Mike.

Proyek sosial keduanya ini, juga akan melibatkan warga setempat. Mereka berencana mengimplementasikan keberhasilan konsep KeSEMaT dalam membangun warga binaannya di Semarang ke Jakarta.

Keesokan harinya, Mas Mike dan Mbak Yong berkunjung ke Sentra Mas Jamang dan Batik Bakau, bertemu langsung dengan warga binaan KeSEMaT, yang mengolah buah mangrove menjadi jajanan dan serasah mangrove yang telah membusuk menjadi batik mangrove.

"Kami senang, konsep kami bisa dijadikan pembelajaran di luar daerah. Ini berarti, akan semakin banyak lagi hutan mangrove dan warga pesisir yang terselamatkan," ujar Presiden KeSEMaT.

Setelah mendapatkan berbagai keterangan dan penjelasan mengenai proses pembuatan Mas Jamang dan Batik Bakau, keduanya berkesempatan mencicipi hidangan khas pesisir di Mangkang Wetan, yaitu resep makan malam, Ikan Sembilang yang lezat.

Kunjungan berlangsung baik dan lancar yang akan dilanjutkan dengan kerjasama antara Mas Mike, Mbak Yong dengan KeSEMaT untuk implementasi proyek sosial pemberdayaan masyarakat dan mangrove di Kepulauan Seribu, Jakarta.