24.4.15

DKP Mimika Papua Berkunjung ke Kantor KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 24 April 2015, mulai pukul 13.30 WIB - 14.30 WIB, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mimika, Papua berkunjung ke Kantor KeSEMaT. Kunjungan ini, dalam rangka kegiatan survei pendahuluan untuk pelaksanaan program Kegiatan Pelatihan Penguatan Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Pesisir Dalam Rangka Pengelolaan Ekosistem Mangrove.

Dalam kesempatan ini, Bapak dan Ibu dari DKP Mimika, diterima langsung oleh Sdr. M. Faisal R. (Dirut IKAMaT), Sdr. Fahmi A. B. (Presiden) dan Sdr. M. Irfan Cahyo P. (MENSETSI).

Diskusi berjalan hangat dan akrab yang membicarakan mengenai berbagai hal seputar persiapan pelaksanaan pelatihan yang direncanakan akan diselenggarakan di Semarang, dengan mengundang berbagai pembicara yang merupakan ahli di bidangnya masing-masing, diantaranya ahli olahan mangrove, batik mangrove, rehabilitasi mangrove dan lain sebagainya.

Kegiatan pelatihan juga akan dilanjutkan dengan field trip ke lapangan, mengunjungi beberapa lokasi di area kerja KeSEMaT untuk bertemu dengan warga binaan KeSEMaT dan melihat secara langsung mengenai teknik pengolahan buah mangrove menjadi batik dan makanan ringan, juga minuman.

Menurut Presiden KeSEMaT, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan warga pesisir di Mimika Papua, agar dapat memanfaatkan ekosistem mangrovenya dengan bijak demi keberlangsungannya di masa mendatang.

"Dengan melatih mereka berbagai keterampilan, seperti pengolahan makanan, minuman dan batik mangrove, diharapkan warga pesisir Mimika dapat meningkatkan mata pencaharian dan kesejahteraan hidup mereka, sembari terus menjaga keberlangsungan ekosistem mangrove di Papua," pungkasnya.