2.12.15

Kenalkan Produk Mangrove Indonesia, KeSEMaT Berikan Testimoni di Asia Pacific Business Forum di Bangkok, Thailand

Bangkok - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 2 - 3 November 2015, Dewan Penasehat (DP) KeSEMaT, Sdri. Giovanny Eveline Wirahana menjadi delegasi dalam Asia Pacific Business Forum (APBF) di Bangkok Thailand. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan tahun ini merupakan acara di tahun ke -12. APBF merupakan konferensi mahasiswa, aktivis, praktisi lingkungan dan kalangan profesional dari seluruh dunia yang diselenggarakan setiap tahun, mulai dari tahun 2004 dan diikuti oleh perwakilan dari berbagai negara di dunia.

Kegiatan APBF 2015 ini diselenggarakan di Bangkok yang berlokasi di United Nation Conference Center. Tema yang diusung tahun ini adalah “Driving Growth and Sustainability through Business”.

Trade and Industry Association of Singapore (TIAS) menjadi tuan rumah dalam Gala Dinner yang dilaksanakan di UNCC Hall pada tanggal 2 November 2013. Setelah itu, dilakukan penyambutan delegasi dari berbagai negara di Asia Pasifik.

Acara dilanjutkan dengan sesi sharing and know each other antara para delegasi yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Selain itu, perwakilan tiap negara dapat menyampaikan testimoni dan sambutan kepada delegasi lainnya serta sedikit pembahasan mengenai karya ataupun produk yang dibawa.

Acara hari kedua dilanjutkan dengan konferensi yang membahas masalah yang terjadi di sektor bisnis dan bagaimana kegiatan yang dilakukan agar tetap menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Sebagai informasi, konferensi yang dilakukan di United Nations ini juga merupakan rangkaian dari konferensi Trade and Investment Week yang berlangsung dari 1 - 6 November 2015.

“Forum seperti ini sangat bagus untuk diikuti karena membawa dampak positif bagi masyarakat, pemerintah, maupun kalangan pebisnis yang sudah harus memperhatikan aspek-aspek keberlanjutan lingkungan,” jelas Sdri. Eveline saat memberikan testimoninya di sesi Gala Dinner.

Delegasi KeSEMaT-pun membawa Batik Bakau dan Cerita Mangrove (Cermang) untuk diperkenalkan pada forum tersebut. Harapannya adalah, agar produk yang diperkenalkan bisa merambah hingga Asia Pasifik dan mulai memperkenalkan Mangrove Is Lifestyle sebagai gaya hidup masa kini.

Sdri. Eveline juga menambahkan bahwa dirinya menjadi representatif dari Indonesia bersama mahasiswa dari Telkom University. Bersama mereka, turut serta Kasubdit Kerjasama Pembangunan Sektoral Direktorat Pembangunan, Ekonomi, dan Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri, Bapak Ali M. Sungkar.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan tahun depan, Dhaka, Bangladesh akan menjadi tuan rumah untuk acara APBF tahun 2016.

Semoga berbagai kegiatan yang sudah dilakukan dan diikuti KeSEMaT di Bangkok ini, dapat bermanfaat bagi upaya konservasi hutan mangrove di Indonesia.