24.12.15

KeSEMaT Tanam Rhizophora di Penanaman 2.500 Mangrove Bersama PT Phapros

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 22 Desember 2015, mulai pagi hingga tengah hari, KeSEMaT dan Yayasan IKAMaT yang dikoordinatori oleh Sdr. Fahmi Abdullah Basyari (Presiden) turut melakukan penanaman mangrove bersama dengan PT. Phapros, Pusat Pendidikan Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad), SMK Pesisir dan Warga Pesisir Semarang, di Pantai Maron, Semarang. Kegiatan ini diinisiasi oleh CSR PT. Phapros dengan tujuan untuk menghjaukan kembali pesisir Pantai Maron, Semarang.

Dikutip dari SOLOPOS.COM, PT. Phapros melakukan penanaman 2.500 mangrove di Pantai Maron, Semarang untuk mencegah abrasi pantai. Semarang yang merupakan kota pesisir memiliki garis pantai sepanjang 36,60 kilometer yang sebenarnya potensi andalan, tetapi sekarang ini banyak yang mengalami kerusakan.

Penanaman 2.500 mangrove itu merupakan kali kedua yang dilakukan PT, Phapros, menyusul tahun lalu sudah dilakukan penanaman sebanyak 10.000 mangrove di lokasi yang sama. Untuk pelestarian mangrove di Pantai Maron, PT. Phapros sudah sejak 2011 terjun langsung memantau ekosistem mangrove bekerja sama dengan KeSEMaT, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kegiatan diawali dengan sambutan-sambutan dan penanaman mangrove simbolis oleh PT. Phapros, Penerbad, SMK dan Warga Pesisir. Setelah itu acara dilanjutkan dengan menanam mangrove bersama.

Dalam kesempatan ini, para KeSEMaTER menanam jenis mangrove Rhizophora bersama masyarakat, sekaligus melakukan program pemeliharaan mangrove, karena lokasi penanaman merupakan area konservasi PT. Phapros yang sudah sejak 2011 dikelola secara bersama-sama oleh PT. Phapros, Penerbad, warga sekitar dan KeSEMaT.

"Penting sekali menjaga dan melestarikan mangrove di sini, mengingat tersisa 10% saja, mangrove di Kota Semarang. Pantai Maron, salah satu pantai yang memiliki area mangrove yang wajib dijaga," ujar Sdri. Audy R. (MENDIKTAN).