6.12.15

KeSEMaT Nominasi Organisasi Kepemudaan Berprestasi Nasional Tahun 2015 KEMENPORA RI

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 2 Desember 2015, mulai pukul 16.00 - 20.00 WIB, Panitia Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi Nasional Tahun 2015 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) berkunjung ke Kantor KeSEMaT di Semarang dengan tujuan untuk melakukan verifikasi data sehubungan dengan terpilihnya KeSEMaT sebagai salah satu nominasi Organisasi Kepemudaan Berprestasi Nasional Tahun 2015.

Pada kesempatan ini, KEMENPORA RI yang diwakili oleh Bapak Sariman dan tim, melakukan kunjungan ke Sentra Jajanan Mangrove dan Batik Mangrove KeSEMaT, di Mangkang Wetan dan Mangunharjo, Semarang.

Seperti diketahui, dalam pengembangan industri kreatif mangrove di Indonesia, salah satu yang dilakukan KeSEMaT adalah membentuk warga binaan yang mengolah jajanan dan batik mangrove.

Panitia Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi Nasional Tahun 2015 menanyakan beberapa hal terkait awal pembentukan kelompok Mas Jamang dan Batik Bakau, juga pengembangan usahanya.

KeSEMaT yang dikoordinatori oleh Sdr. Fahmi A.B. (Presiden) dan beberapa menteri Kabinet KeSEMaT Adhikari, juga menjelaskan kepada pihak KEMENPORA RI mengenai konsep pengembangan industri mangrove kreatif KeSEMaT untuk melestarikan ekosistem mangrove, yang dilakukan tak hanya di Semarang saja, tetapi juga di seluruh Indonesia.

"Kami juga mengembangkan komunitas relawan mangrove bernama KeMANGTEER, juga mendirikan perusahaan dan yayasan mangrove bernama CV. KeMANGI dan Yayasan IKAMaT. KeMANGTEER sudah tersebar di delapan kota di Indonesia," jelas Sdr. Alve Hadika (staf MENWIRA) yang juga turut dalam rombongan.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor KeSEMaT di Tembalang, Semarang. Sesampai di kantor, Bapak Sariman menanyakan mengenai adminsitrasi organisasi, juga melihat arsip dan foto kegiatan yang berkaitan dengan data-data untuk keperluan penjurian.

"Mengusung tema Mangrove adalah Gaya Hidup: Penyelamatan Ekosistem Mangrove dan Pemberdayaan Masyarakat di Pantai Utara Jawa dan Pengembangan Konsep dan Implementasi Industri Mangrove Kreatif di Indonesia, KeSEMaT berhasil masuk nominasi Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi Nasional Tahun 2015 yang diselenggarakan KEMENPORA RI. Ada 36 nominasi dari seluruh Indonesia dan di Jawa Tengah diwakili oleh 3 organisasi kepemudaan, salah satunya KeSEMaT," pungkas Sdr. Fahmi.