13.12.15

Sabet Soegondo Djojopoespito Award 2015, KeSEMaT Organisasi Mahasiswa Terbaik di Indonesia

Jakarta - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT berhasil menyabet Soegondo Djojopoespito Award 2015 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) untuk kategori Organisasi Kemahasiswaan, setelah diumumkan oleh Tim Juri Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi Nasional Tahun 2015 pada tanggal 12 Desember 2015 di Jakarta. Dengan ini, pemerintah dalam hal ini KEMENPORA RI menobatkan KeSEMaT sebagai organisasi mahasiswa terbaik di Indonesia.

"Senang sekali diberikan kepercayaan untuk memegang amanah ini. Award adalah bonus, kami tetap fokus dalam bekerja dan berkarya menemani masyarakat pesisir Indonesia dalam mengelola mangrovenya, agar dapat meningkatkan mata pencaharian mereka tanpa merusak upaya konservasinya," jelas Sdr. Fahmi Abdullah Basyari (Presiden) saat dihubungi lewat telepon.

Sebelumnya, KeSEMaT berhasil masuk sebagai nominasi dalam lomba bergengsi tingkat nasional yang pada puncaknya diwakili oleh 20 organisasi kepemudaan terbaik di Indonesia.

Dilansir dari TRIBUNNEWS.COM, peserta merupakan organisasi kepemudaan terpilih yang masuk finalis setelah berhasil lolos melalui serangkaian tahapan seleksi.

Deputi I Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, Yuni Poerwati yang mewakili Menpora RI mengatakan bahwa kompetisi ini dimaksudkan untuk memilih organisasi kepemudaan yang memiliki prestasi dalam bidang pemberdayaan masyarakat khususnya pemuda.

“Mereka sudah lolos seleksi administratif dan juga fact finding. Hari ini, mereka kita undang untuk presentasi di depan dewan juri untuk mempertahankan keunggulan kompetitif model pemberdayaan masyarakat dan pemuda yang selama ini mereka kembangkan,’’ ujar Yuni.

Sementara itu Staf Khusus Menpora Bidang Kepemudaan, Zainul Munasichin menjelaskan ajang ini sepenuhnya diabdikan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa Seogondo Djojopoespito, tokoh pemuda yang memimpin Kongres Pemuda II yang telah berhasil menelurkan Sumpah Pemuda Tahun 1928 yang menginspirasi persatuan dan kesatuan pemuda seluruh Indonesia.

“Nama beliau kita abadikan untuk penghargaan ini, dan akan terus kita lanjutkan tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Dari 20 finalis organisasi kepemudaan tersebut, terlihat sejumlah organisasi kepemudaan yang sudah tidak asing lagi, antara lain, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pekalongan, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jawa Tengah, Kesatuan Aksi Mahasiwa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Barat serta sejumlah organisasi kepemudaan kampus, seperti Ikatan Mahasiswa Simalungun Universitas Sumatera Utara (USU), Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Universitas Diponegoro (Undip) Semarang (KeSEMaT - red) dan lain-lain.

Menurut Sdri. Giovanny Eveline Wirahana (DP) yang menjadi salah satu delegasi KeSEMaT di ajang ini, dirinya tidak menyangka KeSEMaT akan dinobatkan sebagai organisasi mahasiswa terbaik di Indonesia, karena persaingannya ketat sekali.

"Kami bertemu dengan organisasi-organisasi terbaik, terhebat yang sangat inspiratif dari seluruh Indonesia. Terharu banget bisa juara 1 nasional, bener-bener nggak nyangka. Juga senang sekali karena pemerintah mengapresiasi kerja keras kami selama empat belas tahun terakhir ini dalam menyelamatkan mangrove Indonesia," ujarnya bangga.

"Banyak tanggung jawab yang akan kami lakukan selama satu tahun kedepan setelah mendapatkan Soegondo Djojopoespito Award 2015 dari KEMENPORA RI ini. Salah satunya adalah mengedukasi dan menginspirasi, juga terus memotivasi anak muda di Indonesia terutama mahasiswa, agar lebih berkarya nyata bagi bangsanya. Dengan membuat dan mengelola organisasi mahasiswa yang matang dan terukur dan aktif didalamnya, adalah salah satu hal yang bisa dilakukan," urai Sdr. Fahmi.

Sampai dengan berita ini ditulis, ucapan selamat dari mitra kerja dan kolega KeSEMaT juga terus mengalir, terutama di media sosial Twitter, Facebook dan Instagram. Beberapa diantaranya adalah dari KeMANGTEER Semarang, Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI, KeMANGTEER dan lain-lain yang merasa bangga dengan pencapaian KeSEMaT.