15.12.15

Press Release Mangrove Training 2015

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali menyelenggarakan program intern tahunannya yang bertujuan untuk memperdalam ilmu mangrove para anggotanya, yaitu Mangrove Training (MT) 2015. Selengkapnya mengenai MT 2015, bisa dicermati di TOR di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Wilayah pesisir merupakan bagian penting dari lingkungan kita yang saat ini menyediakan ruang hidup untuk sekitar 55 % dari populasi dunia. Masyarakat kita sangat tergantung pada ekosistem pesisir dan laut untuk makanan, situs bangunan, transportasi, rekreasi dan pembuangan limbah.

Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa sudah dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya.

Kerusakan-kerusakan ini pada dasarnya disebabkan ketidakpedulian sebagian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi kelangsungan sumberdaya daerah pesisir. Mayoritas mereka lebih mementingkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam secara berkelanjutan. 

Pelatihan mengenai berbagai ilmu mangrove bagi anggota KeSEMaT sangat dibutuhkan dalam konservasi mangrove. Ditambah lagi dengan kondisi mangrove di Jawa Tengah sudah sangat memperihatinkan, hal ini diduga karena tingkat kerusakan mangrove di kota Semarang sudah mencapai 90%. 

Atas dasar-dasar tersebut, maka KeSEMaT melakukan usaha dalam memperdalam berbagai ilmu mangrove dengan melakukan praktik Analisis Vegetasi, Pemetaan Mangrove dan Factory Visit yang nantinya akan dibuat sebuah laporan hasil praktik. Hal ini dimaksudkan agar KeSEMaTER dapat mengembangkan ilmu mangrove yang sudah didapat dan diaplikasikan ke dalam bidang yang lain.

Konsep yang digagas adalah melakukan edukasi berupa praktik langsung ke lapangan kemudian hasilnya akan dibuat sebuah laporan. Kegiatan ini merupakan langkah untuk menambah wawasan dan kemampuan atau keterampilan KeSEMaTER dalam mengaplikasikan ilmu mangrove. 

TUJUAN UMUM
Mengembangkan pengetahuan mengenai teknik analisis vegetasi, pemetaan mangrove dan melakukan factory visit.

TUJUAN KHUSUS 
1. Memberikan pengetahuan dan kemampuan analisis vegetasi. 
2. Memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam praktik pemetaan mangrove. 
3. Melakukan kunjungan ke perusahaan.

WAKTU DAN TEMPAT 
Semarang, 18 dan 20 Desember 2015 

DESKRIPSI KEGIATAN 
Konsep acara MT 2015 dibuat untuk memenuhi kebutuhan KeSEMaTER di bidang ekosistem mangrove yang memiliki agenda utama, yaitu pelatihan dan praktik langsung mengenai mangrove yang ada di kurikulum KeSEMaT.

MT 2015 dilaksanakan dalam dua rangkaian acara. Acara pertama yaitu kunjungan ke perusahaan. Hal ini dimaksudkan agar menambah pengetahuan mengenai cara menghasilkan produk dalam perusahaan tersebut, serta bagaimana manajemen keuangan serta kegiataan CSR yang dilakukan. 

Acara kedua adalah praktik langsung untuk pengambilan data dalam kegiatan analisis vegetasi dan dilanjutkan dengan kegiatan pemetaan mangrove. Data yang didapat kemudian di olah dan nantinya akan dibuat laporan hasil praktik. 

DESKRIPSI ACARA 
ACARA I: JUMAT, 18 DESEMBER 2015 
Acara pertama adalah Factory Visit atau kunjungan ke perusahaan. Perusahaan yang akan dikunjungi adalah PT. Phapros TbK, Semarang. Peserta berkumpul di Kantor KeSEMaT untuk registrasi kemudian melakukan perjalanan ke lokasi.

Kunjungan ke perusahaan dilaksanakan untuk mengetahui proses produksi, manajemen keuangan dan kegiatan CSR yang dilakukan di perusahaan tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan berdiskusi dengan pihak perusahaan dan berkeliling perusahaan.

ACARA II: MINGGU, 20 DESEMBER 2015 
Peserta berkumpul di Kantor KeSEMaT pada pukul 06.00 WIB untuk melakukan registrasi. Kemudian perjalanan menuju lokasi pada pukul 07.00 WIB. Sesampainya di lokasi, dilakukan sarapan pagi bersama dilanjutkan dengan pembukaan acara.

Pukul 09.00 WIB dilakukan pengambilan data untuk analisis vegetasi. Pengambilan data akan dipandu oleh KeSEMaTER dan Alumni KeSEMaT. Acara dilanjutkan dengan Istirahat, Sholat, dan Makan. Pukul 13.00 WIB dilakukanlah pengolahan data yang sebelumnya diambil di lapangan dan dilanjutkan dengan praktik pemetaan mangrove. 

KETERANGAN 
Analisis Vegetasi: 
Pembicara
1. Hudan Baskoro 
2. Siti Nurhidayati 
3. Dinuarcha Endra W.

Materi
1. Pengenalan jenis mangrove
2. Teknik analisis vegetasi
3. Pengolahan data 

Pemetaan Mangrove: 
Pembicara : 
1. Bagus Rahmatullah, S.Kel

Materi : 
1. Pengenalan software secara singkat. 
2. Teknik pemetaan mangrove 
3. Praktik pemetaan mangrove 

KONTAK 
Segala korespondensi berkenaan dengan MT 2015, bisa ditujukan kepada: 
Sdri. Audy Ramadhani - Menteri Pendidikan dan Penelitian (MENDIKTAN).
HP. +62856 8085 312. P. +62 85 103 52 7552. F. +6224 7474698.
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id