12.11.10

Anggun, Superstar Internasional yang Peduli Mangrove!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Tentu saja, semua dari kita sudah sangat familier dengan Anggun. Penyanyi dunia asal Indonesia, yang mulai dikenal semenjak debut internasionalnya, di tahun 1998, dengan lagu hitsnya “Snow on The Sahara” ini, sangat terkenal didunia berkat kepiawaiannya dalam mencipta, meng-aransemen dan menyanyikan lagu-lagunya, dengan kualitas, warna dan harmoni vokal yang luar biasa.

Namun, tak hanya sebagai penyanyi dan penulis lagu saja, Anggun dikenal dunia, di tahun 2010 ini, penyanyi wanita pertama Asia yang berhasil menembus tangga lagu-tangga lagu Asia, Eropa, Amerika bahkan dunia ini, juga sangat dikenal masyarakat internasional karena sifatnya yang membumi, down to earth dan sangat peduli dengan masyarakat dan lingkungannya.

Maka, tak salah memang, bila organisasi terbesar dunia, sekaliber Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), sudah dua kali menobatkannya sebagai duta masyarakat dan lingkungan internasional, dalam beberapa tahun belakangan, ini.

Menurut data yang kami cuplik dari Wikipedia, Pada tahun 2005, Anggun dinobatkan sebagai ambassador atau juru bicara PBB untuk kampanye program mikrokredit. Anggun ditunjuk PBB untuk menyukseskan pengentasan kemiskinan di negara-negara berkembang, di seluruh dunia. Pada tahun 2007, Anggun juga terpilih sebagai "Marraine de l'environnement" (duta lingkungan hidup) serta mendapat penghargaan "Le Grand Couer de l'annee" atas kontribusinya dalam sejumlah permasalahan sosial dan lingkungan hidup di Perancis.


Di Indonesia, paska tsunami menyerang negara-negara Asia pada tahun awal tahun 2004, Anggun terbang ke Aceh untuk membantu rehabilitasi di sana. Selanjutnya, di tahun 2010, Anggun kembali ditunjuk oleh PBB sebagai juru bicaranya, untuk program pencegahan kelaparan yang saat ini, masih melanda warga dunia.

Anggun memang begitu anggun dan sangat menawan! Lihatlah foto di atas, foto yang kami cuplik dari www.rumah-anggunesia.lefora.com ini, memperlihatkan dengan jelas bahwa Anggun tak sungkan-sungkan menanam mangrove dan bercengkerama dengan lumpur.


Selanjutnya, dua buah video berjudul “Mon Arbre Pour La Vie Voyage au Pays d'Anggun - Programme on Gulli ma Planete show. Anggun in Medan with Martin and Reza. It's for the Erath's Day. 22 April 2009”, hasil courtesy Rozebud, yang memperlihatkan Anggun sedang menanam mangrove dan mengajar anak-anak sekolah tentang pentingnya menjaga lingkungan dan pesisir, bisa juga dilihat di YouTube.

Tak seperti artis lainnya, dalam dua video itu, tak sedikitpun nampak bahwa Anggun adalah superstar internasional. Layaknya seorang biasa, dia rela masuk lumpur untuk menanam mangrove dan berbelepotan dengan lumpur.

Tak hanya itu, laksana guru, dia juga berkomunikasi dengan murid-muridnya, untuk mengkampanyekan penyelamatan lingkungan di sebuah sekolah di Medan. Maka, tak salah memang, bila masyarakat dunia begitu mengaguminya, tak terkecuali dengan kami. Bagaimana dengan Anda? Semangat MANGROVER!