15.11.10

KeSEMaT Lakukan Program Pendampingan Rehabilitasi Mangrove di Tegal Buleud, Sukabumi Jawa Barat

Sukabumi – KeSEMaTBLOG. Pada hari Rabu, tanggal 10 November 2010, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo (Direktur Eksekutif) dan Bapak Windy Indra A. (Programme Manager), telah melaksanakan survei lokasi penanaman mangrove di Tegal Buleud, Sukabumi Jawa Barat, hasil kerjasama dengan PT. Sumber Daya Prima yang diwakili oleh Bapak Endang.

Perjalanan menuju ke lokasi penanaman mangrove, ditempuh dengan jalur darat, yaitu dengan menggunakan mobil dari kota Sukabumi ke Tegal Bueleud dan ditempuh selama hampir 4 jam perjalanan.

Sesampai di Tegal Buleud, KeSEMaTER melakukan pendataan spesies dan uji fisik terhadap substrat mangrove untuk menentukan spesies mangrove yang layak dan cocok ditanam di lokasi yang telah disepakati. Berdasarkan dari pengamatan deskriptif, maka spesies mangrove yang ditemukan adalah Calotropis gigantea, Spinifex littoreus, Pandanus odoratissima, Scaevola taccada, Stachytarpheta jamaicensis, dan Terminalia catappa.

Selanjutnya, program penanaman mangrove di Tegal Buleud ini, direncanakan akan ditanami dengan beberapa jenis mangrove, yaitu Cemara laut dan Terminalia catappa, dikarenakan substrat di wilayah Tegal Buleud adalah berpasir yang sangat sesuai untuk tumbuh dan kembangnya Asosiasi Mangrove.