7.11.10

KeSEMaT dan Badan Lingkungan Hidup Jepara akan Adakan Penanaman Mangrove di Pulau Panjang Jepara

Pulau Panjang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 7 November 2010, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Sapto Pamungkas (Programme Campaigner) dan Sdr. Oky Yuripa Pradana (Presiden) telah melakukan rapat koordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jepara, yang diwakili oleh Bapak Hermawan. Rapat koordinasi yang dilakukan di Kantor BLH Jepara ini, dimulai pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB. Tujuan dari rapat koordinasi ini adalah dalam rangka inisiasi pelaksanaan program Indonesia Hijau, yang salah satunya diimplementasikan dengan program penyelamatan pesisir di Panjang Jepara, dari hantaman abrasi.

Setelah rapat, kegiatan dilanjutkan dengan survei lokasi penanaman mangrove di Pulau Panjang, Jepara. Perjalanan menuju lokasi penanaman mangrove, ditempuh dengan jalur laut, yaitu dengan menggunakan kapal laut dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang.

Sesampai di Pulau Panjang, KeSEMaTER melakukan pendataan spesies dan uji fisik terhadap substrat mangrove untuk menentukan spesies mangrove yang layak dan cocok ditanam di lokasi yang telah disepakati.

Selanjutnya, program penanaman mangrove yang direncanakan akan dihadiri oleh para stakeholder lingkungan di Jepara ini, akan dilaksanakan pada bulan Desember 2010, dengan jenis mangrove yang ditanam, yaitu Avicennia spp dan Terminalia catappa.