17.11.10

Press Release Workshop Sinergitas Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Jawa Tengah

Semarang – KeSEMaTBLOG. Dengan maksud dan tujuan untuk mengangkat dan mencari solusi permasalahan pengelolaan mangrove serta sinkronisasi dan keterpaduan pengelolaan mangrove antar instansi dan antar wilayah dan menyusun rumusan kebijakan model pengelolaan ekosistem mangrove yang dapat menguntungkan semua pihak, maka KeSEMaT, Pemerintah Provinsi (PEMPROV) Jawa Tengah (JATENG) dan Wetlands International Indonesia Programme (WI-IP) akan menyelenggarakan Workshop Sinergitas Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Semarang Jawa Tengah. Sasaran dari kegiatan ini adalah para pemangku wilayah/Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengampu mangrove di pesisir utara Provinsi JATENG.

Workshop direncanakan akan dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 22 November 2010, mulai pukul 08.00 WIB – 15.30 WIB di Gedung Dharma Wanita Jl. Menteri Supeno 2B, Lantai V Semarang, Jawa Tengah. Peserta workshop berjumlah 100 (seratus) orang yang terdiri dari Pemerintah Kabupaten/Kota dan PEMPROV se-JATENG dan panitia yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari KeSEMaT, PEMPROV JATENG dan Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) JATENG.

Materi dan pembicara dalam workshop mangrove ini antara lain adalah sebagai berikut:
1. Pentingnya Peranan Kelompok Kerja Mangrove (KKM) dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di JATENG (Dinas Kehutanan (DINHUT) Provinsi JATENG).
2. Kajian Coastal Cell Sediment sebagai Dasar Pengelolaan Pesisir (Dinas Kelautan dan Perikanan (DISLUTKAN) Provinsi JATENG).
3. Resume Kondisi Ekosistem Mangrove di JATENG (KeSEMaT – UNDIP Semarang).
4. Pengelolaan Ekosistem Mangrove Berbasis Masyarakat (WI-IP Bogor).
5. Pendanaan Global dalam Upaya Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim di Indonesia (WI-IP) Bogor.
6. Bioright Suatu Mekanisme Pengelolaan Pendanaan Global di Tingkat Lokal Masyarakat (WI-IP) Bogor.

Demikian pengumuman ini disampaikan. Bagi Rekan-rekan media baik cetak maupun elektronik yang berminat untuk meliput kegiatan ini, maka kami persilahkan untuk langsung menghubungi CP +62856 4066 8705 dengan Bapak Sapto Pamungkas (Programme Campaigner of KeSEMaT). Workshop Sinergitas Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Semarang Jawa Tengah ini terselenggara atas hasil kerjasama antara KeSEMaT, PEMPROV JATENG dan WI-IP. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor KeSEMaT di Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah 50275 Indonesia P. +622470527552 F. +62247474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id.