8.11.10

Mangrove Pulau Panjang Jepara, Nasibmu Kini!

Pulau Panjang – KeSEMaTBLOG. Di samping ini, adalah foto kami bersama dengan si Avicennia-kecil, yang kami abadikan pada saat melakukan survei lokasi penanaman mangrove di Pulau Panjang, Jepara. Sesampainya di sebuah pulau yang kami tuju dengan menggunakan perahu dari Pantai Kartini Jepara ini, terus terang kami sedih melihat kondisi mangrove yang ada di sana.

Di sebuah titik, kami mendapati daratan yang telah terabrasi hingga menggerusnya ke laut lepas. Tak hanya itu, kerusakan karangnya yang amat parah akibat pencurian oleh oknum setempat, telah memperparah kondisi mangrove hingga penanganannya secara serius di pulau ini, menjadi sebuah tindakan yang tak bisa ditunda lagi. Sementara itu, si Avicennia-kecil yang kami “elus” itu, nampaknya sedang “kesepian”, karena dia nampak tumbuh sendirian di pesisir pulau yang telah terabrasi.

Selanjutnya, di titik itu, kami memang sudah mendapati adanya bangunan pemecah ombak beton berkonstruksi baik, yang sepertinya dibangun oleh pemerintah daerah setempat. Namun demikian, kondisi daratannya yang terabrasi membuat kami miris. Daratan itu, kini habis terterjang oleh ombak dan gelombang pantai yang begitu dahsyat.


Alat pemecah ombak yang dibangun di belakangnya, berguna melindungi tanaman mangrove-kecil, yang baru saja tumbuh sebagai usaha dari beberapa pihak yang berusaha membantu program rehabilitasi di Pulau Panjang. Sebagai wujud kepedulian dan usaha kami dalam turut serta membantu pelestarian ekosistem mangrove di Pulau Panjang, maka dalam waktu dekat ini, kami dan salah satu dinas lingkungan di Jepara, juga akan bergerak, menanam dan memelihara Avicennia, demi menyelamatkan pulau indah ini, dari kehancurannya di masa mendatang. Semangat MANGROVER!